Jenis Limbah Industri yang Dapat Diolah Menjadi Kompos

Pertanianku — Limbah industri yang dapat diolah menjadi kompos merupakan limbah-limbah organik. Biasanya, limbah tersebut dihasilkan dari industri rumah tangga seperti industri pembuatan tahu dan industri perkayuan. Limbah organik tersebut masih bisa diolah kembali menjadi kompos agar tidak mencemari lingkungan. Berikut ini beberapa jenis limbah industri yang dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kompos.

kompos
foto: Pertanianku

Industri tahu

Pengolahan tahu menghasilkan ampas tahu yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kompos. Di dalam ampas tahu terdapat banyak nitrogen, vitamin B, dan beberapa mineral seperti fosfor dan zat besi.

Karakteristik ampas tahu yang dihasilkan sangat bergantung pada jenis kedelai yang digunakan. Ampas yang akan dikomposkan harus diperas dan dikeringkan terlebih dahulu selama empat hari atau bergantung pada kondisi cuaca. Pengeringan dilakukan hingga tidak ada larva serangga pada ampas tersebut.

Industri kayu

Industri perkayuan menghasilkan limbah berupa serbuk kayu atau serbuk gergaji. Namun, masih jarang orang yang menggunakan limbah industri kayu sebagai bahan baku pembuatan kompos karena serbuk kayu/gergaji terbilang cukup sulit terdegradasi. Serbuk kayu/gergaji yang cenderung mudah menyerap air biasanya lebih sering dicampurkan sebagai bahan pengisi pada pembuatan kompos yang terbuat dari kotoran hewan.

Serbuk gergaji juga lebih sering digunakan sebagai alas kandang yang ditebarkan secara merata di dalam kandang. Serbuk gergaji tersebut dapat menyerap bau kotoran ternak.

Industri pabrik gula

Industri pabrik gula sering menghasilkan limbah bagas atau ampas tebu yang sering digunakan untuk pembakaran dan limbah tetes yang digunakan untuk untuk bahan MSG dan etanol. Jenis limbah lain yang jarang dimanfaatkan dari pabrik gula adalah limbah blotong, padahal dapat digunakan sebagai kompos. Limbah tersebut harus dicampur dengan kotoran ternak dan bioaktivator.

Baca Juga:  Kondisi Tidak Wajar yang Perlu Anda Waspadai pada Tanaman Hidroponik

Industri pulp dan kertas

Industri pulp dan kertas menghasilkan limbah padat yang berasal dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Limbah tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembuat kompos karena mengandung banyak unsur hara meskipun dalam kadar yang rendah.