Jenis Mangga yang Dapat Ditanam di Pot

Pertanianku — Saat ini bertanam buah di pot menjadi salah satu alternatif bercocok tanam yang digemari masyarakat, apalagi masyarakat perkotaan. Tanaman buah dalam pot atau tabulampot pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan menanam tanaman di lahan, tetapi ada beberapa perawatan khusus yang perlu diberikan agar tanaman tumbuh subur. Tidak semua jenis tanaman ditanam di pot, mangga termasuk salah satu jenis buah yang sering dijadikan tambulampot. Berikut ini jenis mangga yang dapat ditanam di pot.

jenis mangga
foto: pexel

Mangga arumanis

Mangga arumanis terkenal memiliki aroma yang harum dan rasanya manis. Arumanis sering disejajarkan dengan mangga-mangga unggulan yang disukai konsumen. Buah yang sudah masak akan memiliki kulit berwarna hijau tua tertutup dengan lapisan lilin sehingga warnanya cenderung seperti hijau kelabu.

Mangga manalagi

Mangga manalagi termasuk mangga unggulan lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai tabulampot. Rasa manalagi segar dan manis, bahkan rasa buah yang masih muda tidak begitu asam. Namun, aroma manalagi kurang begitu tajam. Kulit buah mangga manalagi berwarna hijau ditutupi oleh lapisan lilin. Daging buahnya tergolong tebal, berwarna kuning tua, dan mengandung banyak air.

Mangga golek

Mangga golek berbentuk panjang dengan bagian ujungnya meruncing dan tidak berparuh. Buah yang masih muda berwarna hijau, sedangkan yang sudah tua akan mengalami perubahan warna pada bagian pangkal menjadi kekuningan. Daging mangga golek terkenal tebal, berwarna kuning tua, lunak, tidak berserat, dan kadar airnya tidak begitu banyak. Buah yang sudah masak terasa sangat manis dan mengeluarkan aroma harum yang tajam.

Mangga apel

Mangga apel berbentuk seperti apel dengan warna semburat merah dan hijau. Buahnya terasa sangat asam ketika masih muda, tetapi setelah matang rasanya berubah menjadi manis dan harum.

Baca Juga:  Jenis Tanaman Sela yang Cocok Ditanam di Kebun Mangga

Mangga gedong gincu

Mangga gedong gincu sangat mudah dikenali dari kulitnya yang berwarna kuning kemerahan dan tampak mencolok. Buah mangga gedong gincu berbentuk bulat tanpa lekukan dengan kulit tipis. Daging buah tergolong tebal, berwarna kuning kemerahan, dan berserat halus. Rasa mangga jenis ini manis dan memiliki aroma harum yang spesifik.

Mangga kelapa

Mangga kelapa berbentuk seperti kelapa gading dengan bobot yang mencapai 1 kg dan berwarna hijau. Daging buahnya tergolong tebal dengan ukuran biji yang relatif kecil. Tekstur daging mangga kelapa tidak berserat, lunak, dan mengandung banyak air. Rasa mangga kelapa manis dan segar.