Jenis Mangga yang Eksis di Indonesia

Pertanianku — Siapa yang tidak mengenal mangga, buah dengan rasa manis, berdaging lembut, dan mengeluarkan aroma yang sangat khas. Jenis buah mangga terbilang sangat banyak, baik jenis mangga lokal maupun mangga impor. Di Indonesia sendiri mangga lokal lebih menguasai pasar sehingga jarang pedagang buah yang memasarkan mangga impor. Jika pun ada, buah tersebut dijual secara eksklusif.

jenis mangga
foto: Pertanianku

Berikut ini beberapa jenis mangga yang banyak ditemui di pasar-pasar lokal.

Mangga manalagi

Mangga manalagi memiliki daging buah yang berwarna kuning, berserat, dan rasa manisnya begitu pekat sehingga rasa asam mangga manalagi tidak begitu terasa. Popularitas mangga ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini terlihat dari banyaknya pedagang buah yang memasarkan manalagi dan memajangnya di bagian terdepan.

Buah mangga manalagi berkulit hijau pekat berbintik-bintik dengan semburat warna putih. Manalagi yang sudah tua akan tetap berwarna hijau, perbedaan hanya terletak pada semburat kuning yang muncul di sekitar tangkainya.

Mangga arumanis

Selain manalagi, masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan mangga arumanis. Ukuran arumanis tidak begitu berbeda dari manalagi, tetapi warna kulit arumanis relatif lebih terang. Buah yang sudah matang dapat mengeluarkan aroma harum yang sangat pekat sehingga mampu mengundang nafsu makan seseorang yang mencium aromanya. Kulit arummanis terbilang tipis, serat buahnya lebih halus, dan rasanya manis nyaris tanpa asam.

Mangga arumanis banyak dibudidayakan di Probolinggo, Jawa Timur. Dinamakan arumanis karena buah ini memiliki rasa manis dan asam serta aroma yang sangat harum. Buah arumanis yang matang di pohon lebih baik dibanding buah yang diperam. Tak heran, ada arumanis yang memiliki harga jual tinggi.

Mangga indramayu

Baca Juga:  Pestisida Nabati dari Puntung Rokok

Sesuai dengan namanya, jenis mangga ini berasal dari Indramayu. Di daerah asalnya, buah ini disebut dengan nama mangga cengkir. Mangga indramayu berukuran besar, berdaging tebal dengan serat buah yang besar. Mangga indramayu memiliki aroma yang sangat khas. Berbeda dari beberapa jenis mangga lokal sebelumnya, daging mangga indramayu bertekstur kering tetapi rasanya tetap manis.

Mangga golek

Mangga golek yang sudah matang sempurna memiliki daging buah tebal, lunak, dan cenderung berwarna oranye. Mangga golek tidak mengandung banyak air. Jika buahnya terlalu matang rasanya justru menyerupai buah pepaya.