Jenis Manggis Unggulan yang Menggiurkan

Pertanianku— Manggis memiliki khasiat kesehatan sehingga banyak orang tertarik membelinya. Harga jual buah ini juga terbilang cukup bagus di pasaran. Anda juga bisa menanam pohon manggis sendiri di rumah. Tentunya untuk menanam pohon manggis di pekarangan dibutuhkan jenis manggis unggulan yang menghasilkan buah manis.

jenis manggis unggulan
foto: pertanianku

Buah manggis merupakan salah satu buah yang cukup lama berbuah jika ditanam di dalam pot. Buah ini berasal dari semenanjung Malaysia, sosok pohonnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20 m.

Jenis manggis unggulan pertama kali dilepas oleh pemerintah Indonesia adalah kaligesing asli yang berasal dari Kabupaten Purworejo. Setelah itu, varietas unggulan lainnya yang sudah dilepas adalah wanayasa, puspahiang, dan raya. Selanjutnya, varietas manggis unggulan lainnya yang sudah dilepas dan tak kalah bagusnya adalah manggis tanpa biji atau malinau.

Loading...

Manggis wanayasa

Manggis wanayasa merupakan manggis asal Kabupaten Purwakarta. Varietas ini merupakan varietas unggulan perihal ukuran buah. Ukuran buahnya mencapai ukuran buah standar untuk diekspor. Bentuk buahnya bulat, berwarna merah keunguan, daging buah berwarna putih, rasanya manis segar, daya simpannya cukup lama, kelopak kuat, dan daya adaptasi buah ini cukup baik ditanam di dataran tinggi.

Manggis puspahiang

Manggis puspahiang berasal dari Tasikmalaya. Buah ini memiliki kelebihan dari ukurannya yang besar bisa mencapai 104—131 gram dan cenderung seragam. Buah ini juga memiliki ukuran buah ekspor dengan grade A dan B. Bentuk buah manggis puspahiang bulat, berwarna cokelat kemerahan, dan rasanya manis segar.

Manggis raya

Buah manggis raya berasal dari Kabupaten Bogor. Ukuran buah manggis raya terbilang kecil dengan warna buah merah keunguan. Kelebihan dari buah manggis raya adalah rasanya yang sangat manis dengan biji yang kecil.

Baca Juga:  Surat Perizinan Kebun Kelapa Sawit yang Harus Dimiliki

Manggis tanpa biji (malinau)

Sudah jelas keunggulan dari buah manggis ini adalah tidak memiliki biji. Ukuran buah manggis malinau terbilang lebih kecil daripada buah manggis biasa. Selain tidak berbiji, buah manggis malinau tidak memiliki getah di bagian kulitnya atau penyakit yang biasa menyerang pohon manggis.

Loading...
Loading...