Jenis Media Tanam untuk Menanam Tomat di Pot

Pertanianku — Media tanam merupakan bagian penting untuk keberlangsungan pohon tomat yang ditanam di dalam pot. Kesesuaian komposisi yang digunakan juga akan memengaruhi produksi buah tomat serta pertumbuhan tanaman secara keseluruhan. Berikut ini jenis media tanam yang cocok digunakan untuk menanam tomat di pot.

menanam tomat di pot
foto: unsplash

Tanah memiliki pori-pori berukuran kecil atau mikro dalam jumlah banyak dibandingkan dengan pori-pori berukuran makro atau besar. Hal itu membuat tanah mampu mengikat air dalam jumlah yang lebih banyak. Namun, biasanya tanah harus dicampurkan dengan media tanam lain agar dapat memenuhi kebutuhan hara pohon.

Tanah berpasir

Loading...

Jenis tanah ini memiliki kekuatan mengikat air yang lebih rendah dibanding tanah biasa. Sebab, tanah ini memiliki pori-pori makro yang lebih banyak. Sifat drainase dan aerasi dari tanah ini sangat cocok digunakan untuk media penyemaian benih. Namun, sifat drainase yang dimiliki oleh jenis tanah ini menyebabkan harus dilakukan penyiraman rutin. Selain itu, unsur hara tanah ini juga rendah sehingga harus dicampur media lain.

Kompos

Kompos adalah hasil fermentasi dari tanaman atau limbah organik yang berasal dari sisa konsumsi manusia seperti jerami, sekam, rumput, sampah kota, dan daun. Kompos yang terbuat dari bahan organik mampu mengembalikan kesuburan tanah melalui perbaikan sifat-sifat tanah.

Kompos juga memiliki kemampuan sebagai fasilitator untuk menyerap unsur nitrogen (N) yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh.

Arang sekam

Media ini merupakan media yang paling sering digunakan orang untuk menanam berbagai jenis pohon di dalam pot, salah satunya adalah tomat. Arang sekam mampu memperbaiki struktur tanah sehingga aerasi dan drainase tanah menjadi lebih baik.

Selain itu, arang sekam memiliki kemampuan mengikat air yang bagus, tidak mudah lapuk, dan merupakan sumber kalium (K) yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh.

Baca Juga:  Tips Menggunakan Top Soil untuk Media Tanam

Sabut kelapa (cocopeat)

Sabut kelapa yang baik digunakan untuk media tanam adalah sabut kelapa yang berasal dari kelapa yang sudah tua karena serat sabut akan jauh lebih kuat dibanding kelapa muda. Sabut kelapa lebih cocok digunakan pada wilayah yang memiliki curah hujan rendah. Sebab, jika sabut sering terkena air hujan, akan cepat lapuk dan tanaman akan menjadi cepat busuk.

 

 

 

Loading...
Loading...