Jenis Okulasi untuk Tanaman Karet

Pertanianku — Teknik perbanyakan vegetatif tanaman karet yang paling umum digunakan adalah okulasi. Teknik ini dilakukan dengan menempelkan mata tunas suatu klon ke batang bawah dari klon lainnya. Jenis okulasi tanaman karet terbagi menjadi okulasi hijau, okulasi dini, dan okulasi cokelat. Ketiga jenis okulasi tersebut dibedakan dari umur batang bawah, pengelolaan batang bawah, dan kriteria entres sebagai sumber mata okulasi.

okulasi tanaman karet
Foto: freepik

Okulasi dini

Okulasi dini hanya dapat dilakukan ketika batang bawah berumur 3–4 bulan dengan kayu entres yang dipotong berdiameter 2–3 cm. Okulasi dini sangat memerlukan keterampilan yang tinggi disertai dengan manajemen yang sangat akurat. Tingkat keberhasilan okulasi dini sangat ditentukan oleh keduanya.

Saat ini okulasi dini jarang digunakan, tetapi masih menjadi bagian dari teknologi budidaya karet yang telah memiliki buku teknis.

Okulasi hijau

Okulasi hijau dilakukan ketika batang bawah sudah berumur 4–6 bulan. Okulasi hijau dilakukan dengan menanam biji di polibag dan dibiarkan untuk terus berkecambah, lalu diseleksi satu bibit yang akan menjadi batang bawah.

Okulasi hijau membutuhkan kayu entres berdiameter 3–5 cm, berwarna hijau, dan biasanya tingkat keberhasilannya lebih rendah dibanding okulasi cokelat.

Perbanyakan ini harus dilakukan dengan keterampilan khusus, meskipun teknik dasarnya hampir sama seperti okulasi cokelat. Saat ini hanya beberapa perusahaan perkebunan swasta yang masih menggunakan okulasi hijau.

Okulasi cokelat

Okulasi cokelat merupakan teknik okulasi yang paling sering digunakan untuk memperbanyak tanaman karet. Okulasi baru bisa dilakukan ketika batang bawah sudah berumur 8–12 bulan. Penyediaan batang bawah di lapang dilakukan melalui perkecambahan di bedengan atau biji langsung ditanam di polibag.

Okulasi cokelat langsung di polibag membutuhkan bahan tanam yang sangat banyak. Saat ini pekebun karet lebih sering menggunakan bahan tanam okulasi mata tidur (OMT) karena dinilai lebih praktis dan dapat dikirim untuk jarak yang jauh.

Baca Juga:  Jenis Tanaman Sela yang Cocok Ditanam di Kebun Mangga

Diameter kayu entres untuk okulasi cokelat sekitar 5–10 cm dan berwarna cokelat. Tenaga kerja yang melakukan okulasi cokelat harus terampil dan memiliki manajemen yang baik.