Jenis Pakan Alami untuk Ikan Hias

Pertanianku — Kebutuhan nutrisi ikan hias yang Anda pelihara dipenuhi dari pakan yang diberikan setiap hari. Oleh karena itu, pakan tersebut harus mengandung nutrisi lengkap agar kondisi ikan hias tetap prima. Ikan hias dapat diberikan pakan buatan dan pakan alami. Pakan alami ikan hias memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki pakan buatan.

pakan alami ikan hias
foto: Pertanianku

Keunggulan pakan alami ikan hias antara lain harganya yang relatif lebih murah karena bisa dibudidayakan sendiri atau mencarinya langsung di alam, lebih mudah dicerna oleh ikan, nilai gizinya lebih lengkap, tidak menyebabkan penurunan kualitas pada air di dalam wadah budidaya sehingga tingkat pencemaran terhadap air kultur terbilang rendah.

Namun, Anda perlu membersihkan terlebih dahulu pakan alami yang didapatkan di alam sebelum diberikan pada ikan. Hal ini karena pakan tersebut bisa saja membawa bibit penyakit yang dapat menyerang ikan. Berikut ini deretan pakan alami yang bagus diberikan untuk ikan hias.

Jentik nyamuk

Jentik nyamuk mengandung banyak protein sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi ikan dan membantu ikan hias untuk bereproduksi. Jentik nyamuk lebih disenangi oleh ikan hias berukuran kecil.

Penggunaan jentik nyamuk sebagai pakan ikan hias dapat membantu manusia untuk mengurangi populasi nyamuk yang berbahaya.

Cacing sutera

Cacing sutera sudah terkenal sebagai pakan ikan air tawar yang kaya akan nutrisi. Cacing ini tak hanya dapat digunakan sebagai pakan ikan hias, tetapi juga pakan ikan konsumsi air tawar, terutama untuk ikan yang masih dalam tahap pembenihan. Cacing sutera dapat bermanfaat untuk mencerahkan warna ikan hias, terutama untuk ikan hias berukuran kecil-kecil.

Kutu air

Kutu air juga sama seperti cacing sutera sering digunakan sebagai pakan ikan konsumsi. Kutu air merupakan pakan yang mengandung banyak protein dan berguna untuk mencerahkan warna ikan hias.

Baca Juga:  Fakta Unik Ikan Lele, Ikan Berkumis dengan Cita Rasa Lezat

Artemia

Artemia merupakan jenis udang berukuran kecil. Artemia juga sering digunakan untuk makanan ikan konsumsi. Pakan artemia lebih cocok diberikan untuk ikan hias yang masih berukuran kanak-kanak atau masih dalam kondisi bayi (burayak).