Jenis Pakan Hijauan yang Bagus untuk Kambing

Pertanianku — Pakan yang diberikan untuk kambing terdiri atas tiga jenis, yaitu pakan hijauan, dedaunan, dan pakan penguat. Pada dasarnya ada banyak jenis pakan hijauan kambing yang tersedia secara alami. Namun, di antara semua pakan hijauan, ada beberapa jenis hijauan yang bagus untuk kambing. Simak ulasan berikut.

pakan hijauan kambing
foto: Pertanianku

Daun singkong

Daun singkong mengandung protein yang cukup tinggi sekitar 16,7—39,9 persen bahan kering dan hampir 85 persen dari fraksi protein kasarnya merupakan protein murni. Kandungan pati tertinggi terdapat di dalam kulit dan onggok sehingga bagian tersebut dapat digunakan sebagai sumber energi.

Selain berfungsi sebagai sumber protein, daun singkong juga dapat berperan sebagai anticacing. Hal ini karena adanya kandungan tanin yang dapat meningkatkan daya tahan saluran pencernaan ternak terhadap mikroorganisme.

Namun, Anda perlu berhati-hati dengan daun singkong karena hijauan ini mengandung sianida. Racun tersebut dapat menghilang setelah dijemur setelah satu malam.

Rumput taiwan

Rumput taiwan berukuran cukup besar, yaitu sekitar 4—5 m. Rumput ini berbatang lunak, daunnya lebar berbulu lembut, mengandung nutrisi yang cukup baik, dan batang bawah tanaman bewarna kemerahan.

Turi

Daun turi kaya akan protein kasar, kandungannya dapat mencapai 27,3 persen. Selain itu, daun turi juga mengandung energi kasar 4.825 kkal/kg, SDN 24,4 persen, lignin 2,7 persen, abu 7,5 persen, Ca 1,5 persen, dan P 0,4 persen.

Tanaman turi dapat tumbuh subur meski sedang musim kemarau. Daun turi sangat baik diberikan ketika ternak membutuhkan zat makan lebih banyak dari biasanya, terutama pada akhir masa kebuntingan, awal laktasi, dan cempe.

Gamal

Gamal mengandung protein sebesar 23 persen dan kalsium sekitar 1,2 persen. Kandungan serat di dalam gamal terbilang tinggi mencapai 45 persen. Itu sebabnya tanaman ini sangat berpotensi menjadi pakan hijauan yang baik untuk kambing. Namun, sayangnya kambing kurang menyukai daun gamal karena aromanya menyengat.

Baca Juga:  Tahun Ini Ekspor Komoditas Unggas Mengalami Kenaikan

Permasalahan aroma yang menyengat tersebut bisa diatasi dengan penjemuran dan pelayuan daun. Selain itu, daun juga bisa diberikan ketika ternak kambing sedang dalam kondisi lapar.