Jenis Pakan Ikan Nila yang Bagus untuk Pertumbuhannya


Pertanianku — Nila merupakan jenis ikan yang cukup mudah dibudidayakan. Mengapa? Sebab ikan ini termasuk jenis hewan omnivora. Jenis pakan ikan nila yang bisa diberikan saat masih benih bisa berupa zooplankton (plankton hewani), seperti Rotifera sp, Moina sp, atau Daphnia sp.

Jenis pakan ikan nila
Foto: Shutterstock

Pakan adalah salah satu hal yang memiliki peran penting ketika memelihara atau membudidayakan ikan nila. Ini karena ikan nila memerlukan sumber energi yang cukup untuk pertumbuhan serta perkembangbiakannya. Apa saja pakan alami yang ikan nila konsumsi? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Azolla microphylla

Azolla microphylla adalah salah satu jenis tumbuhan paku air yang mengambang. Tanaman ini memiliki keistimewaan dibanding jenis tumbuhan paku lainnya. Azolla dengan permukaan daun yang lunak memiliki pertumbuhan yang cepat, jadi sangat baik untuk dibudidayakan sebagai pakan ikan. Dan, yang terpenting kandungan  protein tumbuhan azolla cukup tinggi sekitar 25—35% berat kering.

Tumbuhan azolla biasanya terdapat di perairan yang tergenang misalnya sawah atau kolam. Untuk ikan nila usia 1 bulan dari larva, sudah bisa diberi azolla. Pemberian azolla terhadap ikan nila sebaiknya dalam bentuk kering karena proteinnya lebih tinggi dibanding azolla basah.

  1. Ampas kelapa

Ampas kelapa memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan ini adalah salah satu pakan ikan nila yang memiliki kualitas bagus. Pakan dalam bentuk ampas kelapa ini dapat diberikan dengan cara ditebar langsung dalam kolam, bisa juga difermentasikan terlebih dahulu. Atau, campurkan ampas kelapa ini menjadi campuran pembuatan pelet ikan nila.

  1. Daun-daunan atau sayuran

Daun-daunan atau sayuran yang lembut teksturnya bisa diberikan kepada ikan nila dengan cara dicincang dan ukurannya bisa disesuaikan dengan kecil atau besarnya ikan tersebut. Jenis dedaunan atau sayuran yang dapat diberikan adalah kol, sawi, bayam, dan kangkung.

  1. Roti yang telah kadaluarsa atau sisa makanan
Baca Juga:  Ikan Segar Harus Diawetkan dengan Es Batu, Mengapa?

Roti yang sudah kadaluarsa atau sisa makanan sangat bermanfaat untuk pakan ikan nila. Misalnya, untuk 1 kolam bisa diberikan 1 karung roti yang telah kadaluarsa dan porsi tersebut cukup untuk 40 ikan nila selama 2—3 hari.