Jenis Pakan Pengaruhi Warna Daging dan Telur Ayam

Pertanianku — Saat membeli daging dan telur ayam di pasar, pernahkah Anda memerhatikan warnanya? Komposisi dan jenis pakan ayam ternyata sangat berpengaruh pada warna dan kualitas daging juga telur ayam tersebut.

jenis pakan  ayam
Foto: Pixabay

Misalnya saja campuran gandum yang berlebih akan membuat warna daging dan telur ayam menjadi pucat. Berbeda dengan pakan jagung yang akan menghasilkan daging merah segar serta warna kuning telur yang cerah.

Oleh karena itu, kalangan pengusaha makanan ternak tak banyak menggunakan gandum dalam campuran pakan ayam sebagai pengganti jagung. Sebab, peternak pun tak mau kualitas hasil ternaknya menurun.

“Kalau pakai gandum itu warnanya pucat dan perlu ada tambahan zat lagi. Nah, kalau jagung itu nggak perlu tambahan,” kata Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) Sudirman.

Sebelumnya, salah seorang komisioner Ombudsman awal Februari lalu mengungkapkan terjadinya politik pengalihan impor (dari jagung) kepada komoditas yang tidak terlalu sensitif (gandum). Impor jagung diduga dipicu karena terjadi keterbatasan impor gandum.

Baca Juga:  Ciri-ciri DOC Ayam Elba Petelur yang Bagus

loading...