Jenis Pakan Sapi Potong untuk Mempercepat Proses Penggemukan

Pertanianku — Pertumbuhan sapi potong bergantung pada jenis pakan yang diberikan. Jika pakan yang diberikan berkualitas, proses penggemukan dapat berjalan dengan lancar dan tepat. Ada tiga jenis pakan sapi potong yang biasa digunakan oleh peternak, yaitu pakan hijauan, pakan konsentrat, dan pakan tambahan.

pakan sapi potong
foto: Pertanianku

Ketiga jenis pakan tersebut diberikan dalam bentuk ransum atau diberikan secara terpisah. Umumnya, pemberian konsentrat pada pagi hari dilakukan sebelum pemberian pakan hijauan. Berikut ini jenis pakan sapi untuk mempercepat proses penggemukan.

Pakan hijauan

Pakan hijauan merupakan pakan yang berasal dari tanaman. Hijauan sangat penting untuk pertumbuhan sapi potong karena merupakan sumber selulosa dan hemiselulosa yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pada rumen.

Hijauan tidak boleh diberikan berlebihan atau kurang. Kekurangan selulosa dan hemiselulosa dapat menyebabkan pH rumen menjadi asam dan menyebabkan kematian pada sapi. Sementara itu, sapi yang kelebihan hijauan akan sulit gemuk.

Hijauan yang bagus untuk sapi potong adalah batang rumput dan kacang-kacangan. Pada umumnya peternak sapi potong memberikan pakan rumput gajah, rumput benggala, rumput setaria, jerami padi, jerami kacang tanah, dan rumput ilalang.

Pakan konsentrat

Pakan konsentrat terbuat dari bahan dengan kadar serat kasar yang rendah sehingga mudah dicerna oleh ternak. Konsentrat berperan penting mempercepat proses penggemukan sapi potong, tetapi peternak tidak boleh memberikan pakan konsentrat terlalu tinggi, harus diimbangi dengan hijauan.

Pada umumnya konsentrat terbuat dari bekatul, dedak, ampas singkong, ampas tahu, bungkil kelapa, tepung ikan, dan polard. Bahan yang paling sering digunakan untuk membuat konsentrat adalah limbah pertanian karena harganya jauh lebih ekonomis.

Pakan tambahan

Pakan tambahan diberikan pada sapi yang dirawat secara intensif dan berfungsi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ternak. Pakan tambahan yang bisa diberikan adalah vitamin, mineral, urea, dan mikroorganisme. Vitamin yang paling utama untuk sapi potong adalah vitamin A dan D. Sementara itu, kandungan mineral yang penting untuk sapi potong adalah mineral Ca dan P.

Baca Juga:  Tips Menghadapi Perkawinan Pertama Domba yang Benar

Mikroorganisme bisa dicampurkan ke dalam pakan untuk meningkatkan nilai kecernaan. Mikroorganisme tersebut akan bekerja sama dengan mikroorganisme yang berada di dalam rumen sapi untuk merombak nutrien yang ada di dalam pakan.