Jenis Pisang yang Cocok Diolah Menjadi Kolak

Pertanianku — Ada banyak menu makanan yang sangat khas Ramadan, salah satunya adalah kolak pisang. Kolak pisang merupakan menu buka puasa yang disukai oleh masyarakat Betawi. Ciri khas kolak Betawi adalah tidak dicampur-campur dengan bahan-bahan lain. Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok atau pisang tanduk. Tahukah Anda, sebenarnya masih ada beberapa jenis pisang lain yang dapat diolah menjadi kolak. Simak ulasannya berikut ini.

jenis pisang
foto: Trubus

Pisang kepok

Pisang kepok bertekstur keras, tetapi di bagian dalamnya terasa lembut. Jenis pisang ini cocok diolah menjadi kolak karena tidak mudah lembek sehingga Anda tetap bisa merasakan tekstur daging pisang yang lembut setelah dimasak dengan kuah santan dan gula merah. Pisang kepok yang sebaiknya dipilih adalah pisang kepok kuning. Pasalnya, pisang kepok putih memiliki rasa kelat seperti rasa salak mentah.

Pisang kepok kuning menjadi andalan untuk membuat kolak dibanding jenis-jenis pisang lainnya. Pisang yang dipilih harus pisang masak pohon ditandai dengan warna kuning kehijauan yang tidak merata di beberapa bagian pisang.

Pisang tanduk

Pisang tanduk terkenal sebagai salah satu jenis pisang yang lezat untuk diolah menjadi berbagai sajian menu berbahan pisang, termasuk kolak. Pisang tanduk cocok diolah menjadi kolak karena tekstur pisang tidak mudah hancur setelah dimasak. 

Pisang raja

Pisang raja juga dapat dijadikan sebagai isian kolak. Rasa pisang ini manis sehingga pisang juga bisa dimakan secara langsung. Sebenarnya, pisang raja kurang disarankan karena getahnya mudah sekali luntur ketika dimasak. Pisang raja yang akan diolah menjadi kolak sebaiknya dibakar terlebih dahulu agar rasanya lebih legit dan getahnya hilang. Getah juga bisa berkurang ketika pisang dikukus terlebih dahulu.

Baca Juga:  Kendala Budidaya Hidroponik yang Sering Dialami

Pisang nangka

Pisang nangka memiliki tekstur yang cenderung keras sehingga tidak mudah lembek ketika dimasak dengan kuah kolak.

Pisang uli

Pisang uli sama seperti pisang tanduk, jenis pisang ini cocok untuk segala menu masakan. Rasa manis pada pisang uli dapat membuat hidangan kolak semakin lezat.