Jenis Pupuk Kandang yang Bagus untuk Tanaman Cabai

Pertanianku— Pupuk kandang dibutuhkan sebagai pupuk dasar yang diberikan saat pengolahan tanah. Pupuk biasanya diberikan bersamaan dengan pengapuran. Namun, terkadang masih banyak yang kurang memahami jenis pupuk kandang yang sesuai dengan tanaman cabai, pasalnya ada banyak jenis pupuk kandang yang tersedia di pasaran.

jenis pupuk kandang
foto; Pertanianku

Berdasarkan bahan pembuatnya, jenis pupuk kandang terbagi menjadi empat jenis, yakni pupuk kandang sapi, kambing, kuda, dan ayam.

  • Kotoran sapi mengandung N sebanyak 0,29, P2O5 sebanyak 0,17, dan K2O sebanyak 0,35.
  • Kotoran kambing mengandung N sebanyak 0,55, P2O5 sebanyak 0,35, dan K2O sebanyak 1,00.
  • Kotoran kuda mengandung N sebanyak 0,44, P2O5 sebanyak 0,25, dan K2O sebanyak 0,55.
  • Kotoran ayam mengandung N sebanyak 1,70, P2O5 sebanyak 1,90, dan K2O sebanyak 1,50.

Jenis pupuk kandang yang akan dipilih sebaiknya disesuaikan dengan jenis hewan ternak yang banyak terdapat di sekitar lahan penanaman. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan pupuk karena tidak akan mengalami kendala dalam ketersediaan bahan baku dan harga pupuk tersebut pasti lebih murah.

Pupuk yang digunakan harus sudah matang. Ciri pupuk yang sudah matang adalah tidak terasa panas ketika tangan dimasukkan ke tengah gundukan pupuk, tidak mengeluarkan bau, wujud fisiknya sudah menyerupai tanah, dan warnanya agak kehitaman. Proses pematangan pupuk dapat dipercepat dengan menggunakan bakteri Bacillus subtillis.

Pupuk kandang yang diberikan pada tanah berfungsi memperbaiki sifat tanah akibat aktivitas biologi yang berasal dari bahan baku. Pupuk tersebut dapat memperbaiki sifat fisik pada tanah, seperti tekstur, struktur, porositas tanah, dan daya memegang air.

Pemberian pupuk kandang idealnya dilakukan dua minggu sebelum proses bertanam. Dosis pupuk kandang sebagai pupuk dasar untuk tanah pertanian baru dengan pH netral ialah 20—30 ton/hektare. Sementara itu, untuk tanah pertanian yang sudah pernah dipakai dan kondisi pH normal, jumlah pupuk yang dibutuhkan sebanyak 20 ton/hektare.

Baca Juga:  Cara Menyemai Benih Melon