Jenis Pupuk yang Bagus untuk Pohon Kopi

Pertanianku — Pemupukan pada proses penanaman kopi sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara tanaman. Pemupukan bisa dilakukan dengan pupuk organik ataupun pupuk anorganik. Biasanya, jenis pupuk pohon kopi disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan pembudidaya.

pupuk pohon kopi
foto: pertanianku

Unsur hara yang diperlukan untuk tanaman kopi adalah unsur makro seperti karbon (C), hydrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg), dan sulfur (S). Selain itu, tanaman juga membutuhkan unsur mikro seperti boron, molybdenum, mangan, seng, cuprum, nikel, dan ferum.

Kedua unsur tersebut sama-sama berperan penting untuk pertumbuhan tanaman. Hanya saja untuk unsur makro dibutuhkan lebih banyak dibandingkan unsur mikro.

Loading...

Tanaman yang kekurangan salah satu unsur atau lebih di dalam tanah dapat mengalami gangguan pertumbuhan tanaman sehingga tingkat produktivitas tanaman menjadi terhambat. Kekurangan unsur bisa diatasi dengan pemberian pupuk agar pertumbuhan berlanjut secara optimal.

Jenis pupuk organik yang diberikan untuk pohon kopi biasanya adalah pupuk hijauan, pupuk kandang, dan kompos. Sementara itu, jenis pupuk anorganik yang biasanya diberikan untuk pohon kopi adalah fosfat alam, kapur, dolomit, urea, TSP, SP-36, KCL, dan kleserit.

Jika ditinjau dari komposisinya, ada dua jenis pupuk anorganik buatan, yaitu pupuk tunggal yang hanya mengandung satu unsur dan pupuk majemuk yang terdiri atas dua atau lebih unsur.

Pemupukan bermanfaat untuk memperbaiki kondisi tanaman, meningkatkan produksi dan mutu hasil, serta menstabilkan produksi tanaman. Jenis serta dosis pupuk yang digunakan harus disesuaikan dengan analisis daun, tanah, dan percobaan di lapangan. Namun, biasanya tanaman diberikan pupuk sesuai dengan umur tanaman.

Waktu serta cara pemberian pupuk juga harus diperhatikan karena dapat memengaruhi kinerja pupuk. Pupuk sebaiknya diberikan pada saat air di dalam tanah masih basah. Tidak disarankan memberikan pupuk pada musim kemarau. Akan tetapi, jika terpaksa harus diberikan pada musim kemarau, pupuk dibeirkan dengan cara dilarutkan ke dalam air. Selanjutnya, pupuk tersebut diberikan dengan cara disemprot.

Baca Juga:  Langkah Mudah Membuat Minyak Atsiri Bunga Sedap Malam

Waktu pemberian pupuk pada pohon kopi yang bagus adalah pada pagi hari hingga pukul 11:00 siang. Jika proses pemberian belum selesai, pemupukan bisa dilanjutkan pada sore hari.

 

 

Loading...
Loading...