Jenis Rambutan Lokal Indonesia

Pertanianku — Rambutan merupakan salah satu jenis buah musiman yang mudah ditemui di Indonesia. Tanaman ini berbuah pada November hingga Februari. Buah berambut ini memiliki cita rasa manis dan sedikit berair. Ada beberapa jenis rambutan lokal yang disukai oleh konsumen dan sudah tersebar di pasaran, simak ulasan berikut.

jenis rambutan lokal
foto: Trubus

Rambutan binjai

Sesuai dengan namanya, jenis rambutan lokal ini berasal dari Binjai Sumatera Utara. Rambutan binjai memiliki kelebihan pada cita rasa yang manis dan daging buahnya tebal. Bentuk rambutan binjai bulat dengan sedikit lonjong.

Rambutan cimacan

Rambutan cimacan berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Keunggulan rambutan cimacan terletak pada tekstur daging buah yang lembut ketika dikunyah. Keunikan buah ini terletak pada kulit buahnya yang tipis dan tidak memiliki banyak rambut.

Rambutan lebak bulus

Rambutan lebak bulus memiliki kadar air cukup tinggi sehingga buah ini dapat menghilangkan dahaga. Cita rasa buah rambutan lebak bulus manis dan menyegarkan. Rambutan ini berbentuk bulat dengan rambut berwarna merah kekuningan.

Rambutan narmada

Rambutan narmada merupakan jenis unggulan yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Tekstur daging buahnya kenyal, tidak lembek, dan memiliki cita rasa manis yang khas. Tampilan rambutan narmada terbilang cantik dengan perpaduan warna kuning dan merah.

Rambutan antalagi

Rambutan antalagi termasuk rambutan lokal andalan yang berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Rambutan ini memiliki cita rasa manis dengan aroma harum yang sangat kuat. Rambutan antalagi berbentuk bulat memanjang dan sedikit pipih. Antalagi sangat lezat dikonsumsi dalam keadaan segar.

Rambutan bangkok

Meski dinamakan rambutan bangkok, nyatanya rambutan ini berasal dari Kalimantan Selatan. Ukuran buahnya cukup besar dibanding jenis rambutan lainnya. Buah yang sudah tua akan berwarna merah tua kecokelatan, berbentuk lonjong, dan memiliki rambut yang halus. Daging buah rambutan bangkok bertekstur agak kering, berwarna putih bening, dan mudah terlepas dari bijinya.

Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

Rambutan babat atau kapulasan

Rambutan kapulasan atau babat memiliki ciri khas berupa rambut yang sangat pendek, kaku, dan cukup tebal. Kulit buah berwarna merah kecokelatan.