Jenis Sangkar Burung yang Biasa Digunakan Pehobi Burung

PertaniankuSangkar burung sangat erat kaitannya dengan burung. Di kehidupan asli, sangkar dijadikan tempat hidup burung sehingga perannya sangat vital. Ada beberapa jenis sangkar yang bisa Anda jumpai saat ingin membeli sangkar. Tiap jenis sangkar memiliki fungsi yang berbeda.

sangkar burung
foto: pixabay

Sangkar harus kokoh, mudah dibersihkan, dan ringan. Umumnya, sangkar berbentuk bulat, persegi, dan segienam. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat sangkar adalah kayu dan bambu. Namun, dahulu ada sangkar yang terbuat dari logam dan sempat populer.

Berikut ini beberapa jenis sangkar burung berdasarkan penggunaannya yang biasa digunakan para pehobi burung.

Sangkar harian

Sangkar ini digunakan untuk memelihara hewan piaraan setiap harinya. Sangkar harian harus kokoh, memiliki ruang yang cukup untuk bergerak, mudah dibersihkan, dan aman bagi burung.

Jenis burung yang digunakan sangat memengaruhi bentuk sangkar harian yang digunakan. Misalnya,  anis merah, anis kembang, atau cucak hijau biasanya ditempatkan di sangkar bundar dengan jeruji dari bambu. Sementara itu, burung berukuran kecil seperti pleci lebih cocok menggunakan sangkar persegi yang agak kecil.

Sangkar mandi

Sangkar mandi memiliki tinggi sekitar 40—50 cm. Bagian dasar sangkar mandi berupa bak plastik seukuran kandang berdinding setinggi lima sentimeter yang digunakan untuk menampung air. Sangkar mandi harus diberikan tenggeran juga seperti sangkar harian agar burung bisa mengeringkan badannya setelah mandi di dalam bak.

Sangkar kawin

Sangkar kawin berfungsi sebagai tempat untuk kawin. Ukuran sangkar kawin terbilang cukup luas dan lega sehingga hewan bisa melakukan berbagai macam aktivitas secara berpasangan dengan leluasa. Pasangan di dalam sangkar kawin harus selalu diperhatikan.

Sangkar kontes

Saat ingin mengonteskan burung, Anda memerlukan sangkar kontes yang bagus dan menarik. Pasalnya, kandang harian yang selalu digunakan untuk memelihara burung pasti terlihat kotor dan warna kayunya sudah memudar sehingga kurang sedap dipandang. Sangkar kontes biasanya dapat menjadi daya tarik tambahan dalam kontes. Sangkar kontes harus tetap kokoh serta ringan dibawa ke mana-mana.

Baca Juga:  Pestisida Organik untuk Mengatasi Hama Semut

loading...