Jenis Sapi Murni Asal Indonesia


Pertanianku — Di industri peternakan, sapi merupakan salah satu hewan favorit yang banyak dipelihara dan dikomersilkan. Pemanfaatan hewan ini diambil mulai dari daging, susu, hingga tenaganya. Ada berbagai jenis sapi yang ada di dunia, tapi sudahkah Anda mengetahui jenis sapi murni asal Indonesia?

jenis sapi murni asal Indonesia
Foto: Google Image

Di Indonesia banyak peternak yang memelihara jenis mancanegara atau domestik. Jumlah dari jenis-jenis sapi asal Indonesia juga ternyata cukup banyak. Jenis murni atau asli merupakan rumpun sapi yang kerabat liarnya berada di Indonesia dan proses domestikasinya juga berlangsung di lokasi tersebut, contohnya sapi bali.

Berbeda dengan sapi asli, sapi lokal memiliki definisi sebagai produk hasil persilangan dari luar negeri yang telah dikembangkan sampai generasi kelima atau lebih dan telah mengalami adaptasi yang baik. Sapi asal Indonesia mempunyai kualitas yang bisa bersaing dengan sapi luar negeri.

Beberapa contoh jenisnya adalah madura, peranakan ongole, dan beberapa lainnya. Jenis sapi peranakan ongole awalnya paling dominan dipelihara. Akan tetapi, saat ini telah digeser oleh jenis bali.

Pasalnya, sapi bali merupakan salah satu jenis yang paling cocok jika dikembangkan di area tropis. Hewan ruminansia ini memiliki ciri khas warna bulu merah bata, tetapi pada sapi jantan bulu akan berwarna kehitaman. Warna tersebut akan terus bertambah pekat seiring bertambahnya usia.

Sementara itu, karakteristik sapi peranakan ongole, yaitu warna bulu putih, abu-abu, dan terdapat warna hitam di sekitar mata. Badan dan punuk besar dengan leher pendek.

Selanjutnya, jenis sapi madura merupakan rumpun lokal Indonesia yang sesuai dengan namanya, yakni telah dikembangbiakkan secara turun menurun oleh masyarakat Madura. Salah satu tradisi warisan nenek moyang yang ada di Madura memanfaatkan tenaga hewan herbivora, yaitu karapan sapi.

Baca Juga:  Cara Paling Efektif Pemasaran Ternak Ayam Kampung

Karakteristik khas dari sapi jenis ini adalah betina yang tubuhnya berwarna kuning kecokelatan dan jantan berwarna merah bata atau kecokelatan dengan adanya percampuran warna putih. Warna hitam terletak pada mata, pinggir telinga, ekor, dan putih pada kaki bagian bawahnya.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis sapi asal Indonesia. Tindakan sebagai warga negara yang baik tentunya harus mencintai produk dalam negeri. Jangan sampai sapi asli Indonesia hilang dan digantikan oleh sapi dari luar negeri.