Jenis Sapi Perah Tropis yang Perlu Anda Tahu

Pertanianku — Populasi sapi perah yang ada di Indonesia saat ini kebanyakan didatangkan pada abad ke-18. Saat itu, pemerintah kolonial mendatangkan sapi friesian holstein (FH) dari Belanda untuk memenuhi kebutuhan susu orang-orang Belanda di Indonesia. Nah, ada beberapa jenis sapi perah tropis yang cocok diternakkan di Indonesia seperti berikut ini.

jenis sapi perah tropis
Foto: Pexels
  1. Sapi sahiwal

Sahiwal berasal dari daerah Punjab, perbatasan Pakistan dan India. Sapi jenis ini diklaim sebagai jenis sapi perah tropis terbaik. Sapi sahiwal memiliki warna yang beraneka ragam, kebanyakan berwarna cokelat muda hingga kemerahan. Bulunya halus dan kakinya pendek. Sapi ini memiliki bobot tubuh sekitar 500—600 kg untuk jantan dan 450 kg untuk betina. Produktivitas susu sekitar 2.500—3.000 liter per laktasi.

  1. Sapi red sindhi

Sapi ini berasal dari India, terutama berkembang di daerah-daerah kering dan panas. Kulitnya berwarna merah tua, ukuran tubuhnya kecil. Sapi jantan dewasa berbobot 450—500 kg dan betina 350 kg. Produktivitas susunya 1.700 liter per laktasi.


Loading...
  1. Sapi gir

Sapi ini masih berasal dari India. Pada umumnya sapi ini berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna bercak cokelat atau hitam dan warna kuning kemerahan. Berat badan sapi dewasa sekitar 600  kg dan betina 400 kg. Produksi susu mencapai 2.000 liter per laktasi.

  1. Sapi ongole

Sapi ini berasal dari India juga, sapi ongole banyak ditemukan di Indonesia, biasanya diperlakukan sebagai sapi pedaging. Warnanya putih hingga agak gelap. Bobot tubuh pejantan mencapai 500—600 kg dan betina 450—500 kg. Produksi susu relatif sedikit hanya 1.250—1.500 liter per masa laktasi.

  1. Peranakan frisian holstein (PFH) atau sapi grati

Sapi ini banyak dijumpai di daerah Jawa Timur. Sapi ini persilangan antara pejantan friesian hosltein (FH) dengan sapi betina lokal dari jenis jawa dan madura. Sapi PFH memiliki karakteristik tubuh agak besar dengan daya adaptasi terhadap iklim tropis yang baik. Produktivitas susu sapi ini berkisar 2.500—3.000 liter per laktasi.

Loading...
Loading...