Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian yang Dimanfaatkan

PertaniankuJenis sayuran berdasarkan bagian yang dimanfaatkan terdiri atas 4 jenis. Sayuran yang ditanam ada yang dimanfaatkan bagian daun, buah, umbi, atau bunganya. Oleh karena itu, ada sayuran buah, sayuran daun, sayuran umbi, dan sayuran bunga. Simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

jenis sayuran
foto: pertanianku

Sayuran daun

Sayuran daun merupakan tanaman sayuran yang diambil bagian daunnya dan batangnya untuk dikonsumsi. Sayuran daun bisa dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan atau dimasak terlebih dahulu.

Pasti Anda sering menemukan jenis sayuran daun dalam kehidupan sehari-hari. Sayuran daun yang paling umum ditemukan adalah kangkung, bayam, kemangi, selada, petsai, seledri, dan sawi.

Sayuran buah

Tanaman yang disebut sebagai sayuran buah ialah tanaman yang dimanfaatkan buahnya. Tanaman ini sering membingungkan beberapa orang karena terkadang buahnya juga sering dikonsumsi seperti buah pada umumnya.

Sayuran buah yang biasa ditemui adalah tomat, cabai, labu siam, terung, pare, mentimun, buncis, dan lain-lain. Sayuran buah tersebut bisa dikonsumsi secara langsung atau dimasak terlebih dahulu. Namun, biasanya sayuran buah cukup sering dikonsumsi secara langsung dijadikan sebagai lalapan.

Sayuran bunga

Tanaman sayur ini diambil bagian bunganya untuk dimanfaatkan atau dikonsumsi. Biasanya, sayuran bunga harus dimasak terlebih dahulu ketika ingin dikonsumsi. Tanaman sayur yang termasuk sayuran buah adalah bunga turi dan kembang kol.

Sayuran umbi

Tanaman sayuran yang dimanfaatkan bagian umbinya disebut sebagai sayuran umbi. Tanaman sayuran umbi yang sering ditemui adalah kentang, wortel, bit, bawang merah, dan bawang putih. Umbi sayuran ini sama seperti umbi pada umumnya yang berada di bawah tanah.

Seluruh jenis sayuran tersebut bisa ditanam di pekarangan rumah. Hanya saja Anda perlu menyesuaikan lokasi penanaman dengan kondisi tanaman. Biasanya, ada beberapa tanaman sayur yang hanya bisa tumbuh subur di dataran rendah atau dataran tinggi.

Baca Juga:  Atasi Ulat Grayak Secara Hayati dengan SINPV

Jenis sayuran yang relatif mudah tumbuh di pekarangan adalah kangkung, tomat, cabai, sawi, selada, timun, buncis, dan kacang panjang. Jika Anda baru mulai menanam sayur, sebaiknya pilih jenis sayur yang mudah ditanam terlebih dahulu.


loading...