Jenis Sayuran Berdasarkan Tempat Tumbuhnya

Pertanianku – Untuk menanam sayuran di pekarangan, sebaiknya memperhatikan lokasi tempat tinggal alias rumah. Hal ini penting diperhatikan karena ketinggian lokasi rumah akan berpengaruh pada tanaman sayur yang ditanam. Sebagai contoh, tanaman sayur untuk dataran tinggi ditanam di daerah dataran rendah tentu hasilnya tidak akan sebaik jika ditanam di dataran tinggi walaupun memang bisa tumbuh.

Jenis Sayuran Berdasarkan Tempat Tumbuhnya

Bagi para pecinta tanaman sayur, jenis sayuran yang bisa ditanam di pekarangan pada dasarnya sangat bebas. Apalagi, bertanam sayur di pekarangan lebih banyak untuk menyalurkan hobi. Meskipun demikian, ada baiknya mengenal jenis tanaman sayur berdasarkan tempat tumbuhnya yang ideal.

Loading...
  1. Sayuran dataran rendah

Disebut dataran rendah jika ketinggian permukaan tanah berada pada level 0—600 m di atas permukaan laut (dpl). Adapun jenis tanaman sayur yang cocok ditanam di daerah dataran rendah antara lain kangkung, bayam, terung, kacang panjang, dan kecipir.

  1. Sayuran dataran tinggi

Sayuran dataran tinggi merupakan sayuran yang dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian di atas 600 m di atas permukaan laut. Yang termasuk sayuran dataran tinggi antara lain wortel, buncis, kapri, kentang, kubis atau kol, dan selada.

  1. Sayuran dataran rendah dan dataran tinggi

Ada pula jenis sayuran yang dapat tumbuh di berbagai ketinggian, baik dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanamannya bisa saja satu jenis, tetapi ada varietas yang khusus untuk ditanam di dataran rendah dan ada varietas untuk dataran tinggi. Bayam, tomat, kol, kangkung, cabai, bawang bakung, pare, selada, sawi, terung, dan kol adalah komoditas sayuran yang memiliki beberapa varietas yang cocok ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah. Sebagai contoh pada tanaman tomat, ada varietas yang khusus untuk ditanam di dataran tinggi dan ada pula yang cocok untuk dataran rendah.

Baca Juga:  Waspada, Penyakit Cabai yang Sering Datang Saat Musim Hujan

 

Sumber: Buku Paduan Praktis Bertanam Sayur di Pekarangan

 

Loading...
Loading...