Jenis Sayuran Sumber Vitamin untuk Ibu Menyusui

Pertanianku — Ibu menyusui memerlukan makanan bernutrisi untuk memproduksi ASI. ASI bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan zat gizi bayi, air susu ibu juga berfungsi melindungi bayi dari infeksi dan penyakit kronis. Oleh karena itu, Anda harus menjaga asupan nutrisi. Salah satu zat gizi yang dibutuhkan adalah vitamin. Zat gizi tersebut bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran berikut.

jenis sayuran
foto: pertanianku

Vitamin A

Kandungan vitamin A di dalam ASI akan tercukupi apabila Anda mengonsumsi vitamin A sebesar 350 RE dari kebutuhan normal sehingga kebutuhan vitamin A menjadi 850 RE.  Hampir semua jenis sayuran hijau, wortel, dan kacang polong, dapat menjadi sumber vitamin A. Sumber vitamin A lain yang bagus untuk dikonsumsi adalah mentega, susu, telur, minyak ikan, buah berwarna kuning, dan minyak kelapa sawit.

Vitamin D

Kebutuhan vitamin D ibu yang sedang menyusui terbilang bervariasi, bergantung pada pola diet ibu dan paparan sinar matahari yang didapatkan. Berdasarkan hasil penelitian, ibu yang seirng terpapar sinar matahari cenderung dapat memproduksi ASI dengan kandungan vitamin D yang lebih tinggi 10 kali lipat.

Vitamin K

Vitamin K yang cukup didapat dari konsumsi makanan yang seimbang. Hingga bayi berumur enam bulan, kebutuhan vitamin K masih bisa dicukupi dengan ASI eksklusif. Jenis sayuran yang bagus untuk menyuplai kebutuhan vitamin K adalah kedelai, kacang buncis, kacang polong, kol, dan brokoli.

Vitamin C

Kebutuhan vitamin C ibu menyusui meningkat 25 mg pada enam bulan pertama menyusui dan 10 mg pada bulan berikutnya. Jenis sayuran yang dapat menjadi sumber vitamin C adalah sayuran yang berwarna. Selain itu, vitamin C juga bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, anggur, pepaya, mangga, nanas, dan rambutan.

Kelompok vitamin B

Kebutuhan vitamin  B1 dapat dipenuhi dari serealia dan kacang polong. Kebutuhan vitamin B2 dapat dipenuhi dari berbagai jenis sayur. Kebutuhan vitamin B3 dipenuhi dari kacang-kacangan, tomat, dan sayuran hijau. Kebutuhan vitamin B6 dipenuhi dari serealia tumbuk dan kacang-kacangan. Terakhir, kebutuhan vitamin B12 dan asam folat dapat dipenuhi dari sayuran hijau, gandum, dan kacang hijau.

Baca Juga:  Atasi Busuk Batang Pangkal Lada dengan Urine Kelinci