Jenis Sayuran Umbi yang Sering Dikonsumsi

Pertanianku — Ada banyak jenis tanaman sayuran, salah satunya adalah sayuran umbi. Pada dasarnya sayuran umbi merupakan bagian umbi tanaman yang diolah menjadi makanan, baik dikonsumsi mentah maupun dimasak terlebih dahulu. Ada beberapa sayuran umbi yang sering dikonsumsi sebagai olahan makanan, simak ulasan berikut.

sayuran umbi
foto: pertanianku

Bawang merah

Bawang merah merupakan tanaman semusim yang sering dijadikan bumbu masakan atau diolah menjadi acar. Bawang merah tumbuh subur di daerah beriklim kering dengan suhu yang agak panas dan cuaca cerah.

Loading...

Bawang putih

Tanaman bawang putih tumbuh berbentuk rumpun dengan tinggi 30—60 cm. Bagian yang dimanfaatkan adalah umbi yang terletak di dalam tanah. Umbi bawang putih yang sudah dipanen masih bisa untuk ditanam ulang. Tanaman ini tumbuh subur di ketinggian 600—1.200 mdpl. Bawang putih sering digunakan sebagai penyedap, pengharum, serta menambah aroma pada masakan. Selain diolah menjadi bumbu masakan, bawang putih juga bisa diolah menjadi acar.

Kentang

Kentang tumbuh baik di ketinggian 500—3.000 mdpl. Tanah yang dibutuhkan untuk menanam kentang harus gembur dan kaya akan bahan organik. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman adalah umbinya. Umbi kentang yang sudah dipanen bisa dijadikan bibit untuk perbanyakan tanaman. Kentang sering dijadikan bahan pangan utama di luar negeri. Sementara itu, di Indonesia sering dijadikan campuran pada sayuran, dibuat menjadi lauk seperti perkedel, ataupun camilan.

Lobak

Lobak merupakan sayuran umbi yang tumbuh di dataran tinggi dan sangat membutuhkan sinar matahari. Lobak tumbuh subur di tanah yang gembur dan mengandung banyak bahan organik. Perbanyakan tanaman dilakukan melalui biji tanaman. Tanaman lobak menghasilkan umbi pada bagian pangkal batang, bagian inilah yang dikonsumsi. Lobak putih sering dijadikan tambahan sayur pada makanan berkuah.

Baca Juga:  Strategi Budidaya Kakao di Musim Hujan

Wortel

Wortel tumbuh subur di ketinggian 1.000—1.500 mdpl. Wortel membutuhkan tanah yang subur, gembur, dan kaya humus. Tanaman ini diperbanyak dengan biji. Umbi wortel berbentuk bulat panjang dan langsing dengan warna kuning kemerahan. Warna tersebut disebabkan oleh kandungan karoten pro vitamin A yang sangat tinggi di dalam wortel. Umbi wortel sangat sering digunakan untuk diolah menjadi menu makanan apa saja seperti masakan tumis atau sayur berkuah. Umbi yang masih muda sering dijadikan lalapan yang dikukus atau direbus.

Loading...
Loading...