Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam oleh Masyarakat Kota

Pertanianku — Tren menanam sayur sedang gencar dilakukan oleh sebagian masyarakat kota. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya informasi mengenai dunia pertanian yang sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa pun dan di manapun. Meskipun demikian, tidak semua jenis sayuran bisa ditanam di kota, alasannya setiap jenis sayuran memiliki syarat lingkungan hidup, seperti suhu, ketinggian tempat, kelembapan, dan kondisi tanah yang digunakan.

jenis sayuran
foto: pixabay

Namun, ada banyak jenis sayuran yang bisa ditanam di perkotaan, sayuran tersebut bisa tumbuh subur jika dirawat dengan baik serta kebutuhan nutrisinya terjaga. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam di perkotaan.

Sayuran daun

Loading...

Ada dua jenis sayuran daun yang bisa dibudidayakan, yaitu sayuran daun lokal dan impor. Sayuran daun lokal umumnya adalah sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat dan banyak dijumpai di pasar. Sementara, sayuran impor merupakan sayuran kalangan menengah ke atas dan kaum ekspatriat serta hanya dipasarkan di gerai-gerai sayur mayur pasar modern dengan harga jual yang cukup tinggi.

Contoh jenis sayuran lokal yang bisa ditanam di tengah perkotaan adalah caisim, selada keriting, green pak choi, bayam, dan kangkung. Sayuran tersebut bisa Anda tanam sendiri untuk konsumsi pribadi. Anda juga bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi daripada sayuran yang ada di pasar karena sayuran organik Anda hasilkan jauh lebih sehat dan segar.

Sementara, sayuran daun impor yang bisa dibudidayakan di tengah kota adalah selada butterhead, romaine, rosano, grand rapid, kale, oregano, thyme, marjoram, dan parsley Italy. Sayuran tersebut bisa Anda jumpai di gerai-gerai sayuran pasar modern dan biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Anda bisa menanam semua jenis sayuran tersebut di pekarangan agar bisa menikmati dengan bebas tanpa khawatir harganya yang mahal.

Baca Juga:  Kriteria Bibit Lengkeng yang Bagus

Sayuran buah

Selain sayuran daun, jenis sayuran buah juga bisa ditanam di pekarangan sempit. Ada banyak jenis sayuran buah yang bisa dibudidayakan di tengah kota, seperti cabai, tomat, terung, dan paprika. Semua jenis sayuran buah tersebut bisa ditanam hanya untuk kepentingan pribadi atau digunakan menjadi bidang usaha. Biasanya sayuran buah yang dihasilkan secara organik akan memiliki segementasi pembeli dari kalangan atas karena harganya yang lebih mahal.

Cabai dan tomat merupakan sayuran buah yang sering ditanam karena penggunaannya yang lebih banyak. Jika dijual pun, kedua jenis sayuran tersebut akan mudah terserap karena hampir digunakan pada setiap resep masakan.

Buku Petik Sayuran di Lahan Sempit terbitan Penebar Swadaya bisa Anda manfaatkan sebagai referensi utama bertanam sayuran di pekarangan rumah. Buku praktis ini menyajikan banyak cara menanam sayuran dari yang menggunakan tanah hingga tanpa tanah (hidroponik). Selain itu, memaparkan pula berbagai wadah atau media tanam serta penempatan yang bisa Anda gunakan dan aplikasikan sesuai dengan pekarangan rumah.

 

Loading...
Loading...