Jenis Sayuran yang Mudah Dibudidayakan dengan Budikdamber

Pertanianku — Tanaman menjadi salah satu komponen penting dalam budidaya ikan dan sayur di dalam ember atau budikdamber. Ada banyak jenis sayuran budikdamber yang bisa ditanam dalam instalasi budikdamber, tetapi yang paling terkenal adalah kangkung. Hal ini karena perawatan tanaman kangkung terbilang sangat mudah, apalagi ditumbuhkan dalam air. Selain kangkung, ada beberapa jenis sayuran budikdamber yang bisa Anda gunakan.

jenis sayur budikdamber
foto: pertanianku

Kangkung

Kangkung termasuk sayuran yang paling sering digunakan oleh para pembudidaya karena tingkat keberhasilan yang tinggi dan sangat mudah untuk dibudidayakan. Dalam instalasi budikdamber, akar kangkung akan tergenang di dalam air dan hal tersebut memenuhi kriteria tanaman yang harus mendapatkan air secara terus-menerus.

Loading...

Kangkung menyukai tempat terbuka untuk hidup, tetapi tidak terlalu terik. Kangkung sangat cepat tumbuh, dalam waktu 25—30 hari, sayuran sudah bisa dipanen.

Bayam

Ada dua jenis bayam yang bisa ditanam, yaitu bayam merah dan bayam hijau. Bayam bisa dibudidayakan di dataran tinggi ataupun rendah. Tanaman ini memerlukan sinar matahari sepanjang hari. Umur panennya pun terbilang pendek seperti kangkung, yakni hanya 20—25 hari setelah pembibitan atau persemaian.

Selada

Selada dapat tumbuh di iklim panas, meskipun pertumbuhannya tidak sebaik selada yang ditanam di daerah sejuk. Selada bisa dipanen setelah berumur 30—35 hari setelah persemaian. Selada yang sudah siap panen memiliki tanda daun bawah yang sudah menyentuh media. Selada harus segera dipanen, karena jika terlambat panen, daun selada akan terasa pahit.

Sawi atau caisin

Sawi merupakan sayuran yang taha terhadap hujan dan cuaca pancaroba sehingga bisa ditanam sepanjang tahun. Tanaman ini tidak memerlukan banyak air sehingga Anda harus memerhatikan kondisi akar tanaman. Sawi sudah bisa dipanen setelah 25—30 hari setelah semai. Daun yang sudah menguning harus segera dipanen.

Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Pembesaran Ikan Agar Untung Berlipat

Pakcoy

Tampilannya mirip seperti sawi, tetapi pakcoy memiliki batang yang lebih besar, pendek, serta struktur daunnya lebih lebar. Pakcoy sudah bisa dipanen setelah 25—30 hari disemai. Pakcoy yang sudah bisa dipanen akan berbentuk oval melebar dengan tangkai daun berwarna hijau cerah.

Loading...
Loading...