Jenis Selada yang Berpotensi Dibudidayakan Secara Hidroponik

Pertanianku — Selada merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang sering dibudidayakan secara hidroponik. Salah satu alasannya adalah permintaannya cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan restoran dan rumah makan. Selada digemari karena cita rasanya yang renyah dan segar, dapat dijadikan sebagai lalapan, penghias, atau bahkan diolah menjadi makanan. Terdapat beberapa jenis selada yang berpotensi untuk Anda budidayakan secara hidroponik karena permintaan dan harganya cukup tinggi.

jenis selada
foto: Pertanianku

Tiap jenis selada biasanya dimanfaatkan untuk beberapa menu karena memiliki tekstur dan cita rasa yang khas. Umumnya, selada dijadikan sebagai bahan pembuat salad, sandwich, burger, dan bahan olahan makanan yang digemari oleh ekspatriat (orang asing yang tinggal di dalam negeri). Berikut ini beberapa jenis selada yang perlu Anda ketahui.

Butterhead

Harga jual selada jenis Butterhead dapat mencapai belasan ribu per buahnya. Ada beberapa varian selada Butterhead, yakni Bibb dan Buttercrunch yang digemari karena rasanya manis dan lembut.

Romaine

Selada Romaine memiliki bentuk memanjang dengan teksturnya yang renyah. Varian selada Romaine yang digemari pembeli adalah Parris Cos, Little Gem Pearl, dan Romaine Lettuce yang berwarna hijau atau merah.

Lollo Rossa

Selada Lollo Rossa juga sering disebut sebagai selada merah. Sayuran daun ini cukup mudah dikenal karena berwarna merah darah segar dan keunguan. Lollo Rossa mengandung vitamin A, vitamin C, dan zinc serta kaya akan asam folat. Keunggulan lain dari Lollo Rossa adalah kandungan antioksidan yang mencapai 100 kali lebih tinggi dibanding jenis selada lainnya.

Grand Rapid

Selada Grand Rapid merupakan jenis hibrida dan termasuk selada daun yang berwarna hijau. Keunggulan Grand Rapid adalah tahan cuaca panas dan bisa ditanam sepanjang tahun serta dapat tumbuh dengan cepat. Daya adaptasi jenis selada ini cukup luas dan bisa tumbuh baik di musim dingin.

Baca Juga:  Budidaya Krisan dengan Sistem Aeroponik Bikin Panen Lebih Cepat

Rocket atau arugula

Selada Rocket sering digunakan sebagai isian sandwich ataupun campuran salad. Cita rasa selada Rocket agak pedas, mirip seperti Lonal dengan rasa nutty yang khas.