Jenis Tanah Paling Cocok untuk Menanam Bawang Merah

Pertanianku — Keinginan semua petani hampir sama, yakni hasil panen yang melimpah, termasuk petani bawang merah. Nah, solusi yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan budidaya, yaitu memiliki jenis tanah yang paling cocok untuk menanam bawang merah. Berikut ini ada 5 jenis tanah terbaik yang cocok untuk bawang merah.

jenis tanah
Foto: Dok. Pertanianku
  1. Tanah berpasir

Tanah berpasir memiliki partikel terbesar di antara berbagai jenis tanah. Karakteristiknya kering dan berpasir saat disentuh, dan karena memiliki partikel sehingga tidak bisa menahan air. Air mengalir dengan cepat, langsung ke tempat-tempat di mana akar, terutama yang dari bibit, tidak dapat dijangkau.

Tanaman tidak memiliki kesempatan menggunakan nutrisi di tanah berpasir lebih efisien karena mereka dengan cepat terbawa oleh limpasan. Sisi atas tanah berpasir adalah cahaya untuk bekerja dan menghangatkan lebih cepat di panas.

Loading...
  1. Tanah berlumpur

Tanah berlumpur memiliki partikel yang jauh lebih kecil daripada tanah berpasir sehingga halus untuk disentuh. Ketika dibasahi, licin seperti bersabun. Ketika Anda menggulungnya di antara jari-jari Anda, kotoran akan tertinggal di tangan Anda. Tanah yang gembur menahan air lebih lama, tetapi tidak dapat menyimpan nutrisi sebanyak yang Anda inginkan meskipun cukup subur.

  1. Tanah liat

Tanah liat memiliki partikel terkecil sehingga memiliki kualitas penyimpanan air yang baik. Ini lengket saat disentuh basah, tapi halus saat kering. Karena ukuran partikelnya yang kecil dan kecenderungannya untuk menetap bersama, sedikit udara melewati ruang-ruangnya. Tanah liat kaya akan makanan nabati untuk pertumbuhan yang lebih baik.

Kelemahannya adalah tanah lempung bisa sangat berat untuk dikerjakan ketika kering. Khususnya selama bulan-bulan musim panas, bisa berubah menjadi keras dan kompak.

  1. Tanah gambut

Kualitas tanah gambut yang paling diinginkan adalah kemampuannya menahan air selama bulan-bulan kering dan kemampuannya untuk melindungi akar dari kerusakan selama bulan-bulan basah. Gambut mengandung air asam, tetapi petani menggunakannya untuk mengatur kimia tanah atau tingkat pH serta sebagai agen pengendalian penyakit untuk tanah.

  1. Tanah humus
Baca Juga:  Simpel, Ini Cara Memilih Singkong yang Tidak Keras

Jenis tanah yang disukai oleh tukang kebun untuk bawang merah adalah tanah humus. Tanah humus mengandung keseimbangan dari ketiga bahan tanah, yakni lumpur, pasir, dan tanah liat ditambah humus. Selain itu, memiliki tingkat pH dan kalsium yang lebih tinggi karena kandungan bahan organik sebelumnya seperti jenis tanah yang cocok untuk menanam tembakau.

Loading...
Loading...