Jenis Tanah yang Cocok untuk Rumput Gajah Mini


PertaniankuRumput gajah mini adalah salah satu variasi rumput hias pemanis taman. Agar rumput gajah mini yang ditaman bisa tumbuh segar dan hijau, tentu kita harus mengetahui jenis tanah yang cocok untuk menanam rumput tersebut. Kondisi tanah yang cocok tentunya akan memberi pengaruh besar bagi kesuburan rumput hias Anda.

Rumput gajah mini
Foto: Google Image

Dinamakan gajah mini karena ukuran daunnya memang lebih besar dan lebar jika dibandingkan dengan rumput hias lainnya seperti rumput jepang. Namun keistimewaanya adalah perawatan yang mudah serta harganya yang lebih terjangkau. Cara menanamnya juga cukup mudah, bahkan Anda bisa melakukannya seorang diri tanpa bantuan tukang kebun.

Rumput gajah mini tidak memerlukan jenis tanah yang spesifik atau khusus. Hanya saja, jika tanah di pekarangan rumah kering atau tandus, Anda harus melakukan pengolahan terlebih dahulu. Bentuk pengolahan tanah tersebut bisa dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu, atau dengan memberi pupuk untuk menjaga nutrisi yang nantinya dibutuhkan untuk pertumbuhan rumput gajah mini.

Berikut jenis tanah terbaik untuk menanam rumput gajah mini.

  1. Tanah ultisol

Rumput gajah mini sangat menyukai jenis tanah utisol atau tanah yang memiliki kandungan humus tinggi. Oleh sebab itulah, pemberian pupuk majemuk di awal penanaman sangat disarankan. Anda dapat menaburkan atau mencampurkan pupuk pada lahan kebun saat penanaman dimulai.

  1. Tanah berpasir

Tidak banyak yang mengetahui memang jika rumput gajah mini tumbuh amat subur di tanah berpasir. Agar hasil tanam bagus dan rumput gajah mini terlihat segar, Anda dapat mencampurkan media tanam dengan tanah berpasir. Perbandingan antara keduanya adalah 2 : 1. Tujuannya, tentu saja agar tanah bersifat porous dan rumput gajah mini bisa tumbuh dengan mudah.

  1. Tanah gembur
Baca Juga:  Unik, Ini Dia Makna yang Tersembunyi di Balik Mawar Hijau

Sebelum menanam rumput gajah mini, pastikan tanah pada kebun atau taman Anda dalam keadaan gembur atau siap untuk ditanami. Cara menggemburkan tanah adalah dengan mencangkulnya hingga lapisannya dalamnya terbalik dengan kedalaman 20 cm. Lakukan hingga permukaan media tanam lebih empuk. Setelah itu, ratakan kembali tanahnya.