Jenis Tanaman Antiserangga Paling Populer


Pertanianku — Sulit tidur karena di rumah banyak gerombolan nyamuk? Keberadaan nyamuk memang sangat mengganggu, terlebih ketika menjelang tidur. Itu tandanya Anda membutuhkan tanaman antiserangga untuk menangkal mereka. Cara ini merupakan cara alami yang paling aman dan nyaman bagi Anda dan keluarga. Berikut ini beberapa jenis tanaman antiserangga yang bisa Anda tanam di halaman rumah.

tanaman antiserangga
Foto: Shutterstock

1. Lavender

Lavender merupakan tumbuhan dari suku Lamiaceae (tumbuhan berbunga). Berabad-abad manusia telah lama mengenal tanaman ini karena baunya yang wangi dan coraknya yang indah. Walaupun orang menyukai lavender, bau tanaman ini tidak disukai kebanyakan serangga seperti ngengat, capung, dan nyamuk.

2. Sereh

Sangat tidak disukai nyamuk, itulah kelebihan tanaman sereh. Kemampuan sereh dalam mengusir nyamuk, tiada lain karena adanya kandungan citronella pada akar sereh. Seperti diketahui, citronella merupakan sebuah minyak alami yang tidak disukai kebanyakan serangga. Sereh juga telah menjadi salah satu rempah-rempah wajib bagi beberapa masakan di Nusantara, misalnya opor ayam dan rendang.

3. Daun salam

Di samping bermanfaat sebagai rempah masakan, ternyata pohon salam tidak disukai oleh sebagian besar serangga pengganggu. Hal itu berkat aroma yang dikeluarkan senyawa kimiawi dari daun salam, yaitu eugenol dan metil kavikol.

4. Kecombrang

Kecombrang merupakan tanaman yang telah dikenal baik masyarakat Indonesia sebagai campuran bumbu masakan dikarenakan rasanya yang enak. Selain enak, tumbuhan ini juga memiliki bunga yang cukup indah dan aromanya tidak disukai nyamuk dan serangga lainnya.

5. Chrysanthemums

Hampir semua jenis serangga tidak menyukai tanaman hias chrysanthemums atau chrysantium. Berkat kandungan kimiawi alami di dalam chrsantium yakni pyrethrum, gerombolan serangga tidak ingin dekat-dekat tanaman ini. Kenapa serangga tidak ingin dekat chrsantium? Hal itu dikarenakan jika ada serangga yang hinggap dan menghirup aroma bunga ini, serangga tersebut akan mati seketika.

Baca Juga:  Buat Taman Murah dan Minimalis dengan Jenis Tanaman Ini

6. Marigolds

Marigolds merupakan jenis tanaman hias bunga asli dari Amerika Tengah, seperti Meksiko dan Panama. Marigolds di Indonesia sendiri disebut kenikir. Pada beberapa tempat di tanah air, marigolds disebut juga bunga tahi ayam dikarenakan bunga ini mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Aroma menyengat itu juga tidak disukai serangga seperti nyamuk sehingga marigolds menjadi tanaman yang bisa mengusir nyamuk dengan cara aromatik.

7. Geranium

Geranium banyak diburu karena memiliki bentuk bunga yang cukup indah dan cantik saat bermekaran. Di balik kecantikan bunga geranium, ternyata tanaman ini sangat tidak disukai oleh beberapa serangga seperti nyamuk. Hal itu dikarenakan tanaman antiserangga ini mengandung zat geraniol dan sitronelol.