Jenis Tanaman Buah yang Bagus Dijadikan Bonsai

Pertanianku — Tidak semua jenis tanaman buah mampu dibonsai karena tanaman tersebut harus mampu beradaptasi dengan lahan sempit di pot, berumur panjang, tidak tumbuh meninggi dalam kurun waktu yang cepat, berdaun lebat, kecil, dan tidak mudah rontok. Berikut ini beberapa jenis tanaman buah yang dapat dijadikan tanaman bonsai indah dan menawan.

tanaman bonsai
foto: Pixabay

Jeruk

Banyak jenis jeruk yang bisa dijadikan bonsai. Daya tarik bonsai jeruk terletak pada penampilan buah jeruk berwarna oranye yang sangat kontras dengan daun tanaman berwarna hijau. Selain itu, tanaman ini mampu mengeluarkan aroma yang cukup khas.

Jenis jeruk yang cocok untuk dibonsai harus memiliki batang yang berupa pohon, sedangkan tanaman yang tumbuh menyemak atau berupa perdu kurang baik untuk dibonsai. Jenis jeruk yang dapat dibonsai antara lain jeruk bali, keprok, dan kingkit.

Buni

Buni terkenal sebagai tanaman liar yang tumbuh di hutan. Tanaman buah ini berada di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.300 m dpl. Daunnya berbentuk lanset dengan tangkai pendek. Buah buni berukuran kecil-kecil berwarna hijau, lalu akan berubah menjadi merah saat matang dan berubah menjadi ungu setelah benar-benar masak. Buah buni bisa dimakan, rasanya asam, segar, dan manis.

Delima

Delima tumbuh baik di dataran rendah hingga sedang dengan ketinggian 50 m dpl. Daun tanaman berbentuk lanset atau memanjang. Warna buah delima bermacam-macam, mulai dari putih, hijau kekuningan, cokelat kemerahan, atau ungu kehitaman. Buah delima yang sudah masak akan merekah sendiri. Rasa buah delima ada yang manis dan asam.

Jambu biji

Tanaman jambu biji terkenal berukuran kecil, hanya sekitar 3—10 m. Kulit batang tanaman berwarna cokelat terang dengan permukaan yang licin. Daun tanaman bertangkai pendek, berbentuk bulat panjang atau memanjang. Buah jambu biji yang masih muda berwarna hijau gelap dan akan berubah menjadi kuning atau hijau kekuningan setelah masak. Daging buah jambu biji cukup bervariasi, ada yang kekuningan dan berwarna merah muda.

Baca Juga:  Pengembangan Kampung Pisang untuk Meningkatkan Kualitas Pisang Ekspor

Murbei

Murbei termasuk tanaman liar yang dijumpai di hutan-hutan. Murbei sudah sering dibudidayakan untuk diambil daunnya sebagai pakan ulat sutera. Buah murbei berukuran kecil dan ketika masak akan berwarna merah, agak berair, dan rasanya lezat.