Jenis Tanaman Buah yang Mudah Dijadikan Tabulampot

PertaniankuTabulampot atau tanaman buah dalam pot bisa menjadi salah satu pilihan untuk mempercantik tampilan pekarangan rumah. Selain memberikan hasil buah yang lezat, tabulampot juga memberikan kesan indah karena bentuk pohonnya yang indah. Namun, tidak semua tanaman buah mudah ditanam di pot.

tabulampot
foto: Pertanianku

Buat Anda yang masih pemula dan mulai tertarik untuk memelihara tanaman buah dalam pot, sebaiknya pilih tanaman buah yang mudah ditanam di pot. Berikut ini jenis-jenis tanaman buah yang mudah dijadikan tabulampot.

Jeruk

Buah jeruk memang cukup mudah dijumpai, tetapi sensasinya akan berbeda jika Anda bisa menghasilkannya sendiri dari pekarangan rumah. Selain mendapatkan buah jeruk sendiri, menanam jeruk di pot bisa menambah kesan eksotik pada pekarangan rumah karena sosok tanaman jeruk yang indah, apalagi ketika tanaman sedang berbuah lebat.

Perpaduan warna antara hijaunya daun dan buah jeruk yang berwarna oranye mampu membuat penglihatan menjadi lebih segar.

Jambu biji

Pohon jambu biji memiliki keindahan dari bentuk buah yang menggantung di antara tajuk tanaman. Jambu biji sudah terkenal sebagai tanaman buah yang sangat mudah ditanam, termasuk di pot.

Cabang pohon jambu biji terbilang cukup banyak, tetapi pertumbuhannya tidak terarah. Percabangannya sangat kuat sehingga tidak mudah patah dan bisa dilengkungkan. Sistem perakaran tanaman jambu biji terbilang sangat kuat sehingga lebih baik gunakan pot drum agar tahan lama.

Lengkeng

Saat ini buah lengkeng cukup mudah dibudidayakan menjadi tabulampot. Permasalahan awal pohon lengkeng adalah biji buah yang terlalu besar, tetapi permasalahan ini biasanya hanya terjadi pada awal-awal penanaman. Setelah itu, buah lengkeng akan tumbuh normal apabila sinar matahari yang didapatkan tepat. Pohon lengkeng yang kekurangan sinar matahari akan mengalami kerontokan karena produksi fotosintesisnya berkurang.

Baca Juga:  Kelebihan Karet Alam yang Tidak Dimiliki Karet Sintetis

Buah tin

Di antara jenis tabulampot, mungkin buah tin merupakan tanaman buah yang cukup jarang dipilih. Tanaman buah ini sudah ada sejak lama serta dapat tumbuh subur dan lebat di tengah terik matahari. Karena jarang yang membudidayakannya, nilai ekonomi buah tin terbilang cukup tinggi.

Mangga

Sama seperti jeruk, buah mangga sangat mudah dijumpai di pasar. Namun, sensasinya akan jauh berbeda jika buah dihasilkan sendiri dari pekarangan. Buah mangga terkenal sebagai buah musiman. Akan tetapi, jika ditanam di pot dan dirawat secara intensif, bisa berbuah cukup rajin, bahkan mampu berbuah di luar musim.