Jenis Tanaman Herbal untuk Atasi Diabetes Ini Wajib Anda Tanam


Pertanianku — Diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan meningkatnya gula darah. Diabetes memiliki 2 tipe, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Jangan abaikan penyakit ini karena bisa berakibat fatal. Untuk mengatasinya, ada beberapa jenis tanaman herbal yang mampu mengatasi masalah diabetes seperti berikut ini.

jenis tanaman herbal
Foto: Google Image
  1. Daun kemangi

Daun yang identik sebagai lalapan ini ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi diabetes. Di dalam daun kemangi terkandung zat yang memiliki fungsi untuk membantu proses sekresi insulin. Ketika insulin dapat diproduksi dengan baik, ini berarti pengaturan kadar gula dalam tubuh pun juga akan membaik.

  1. Bawang merah

Salah satu bumbu dapur ini ternyata juga memiliki manfaat untuk meredakan gejala diabetes. Dalam bawang merah terkandung allyl propyl disulfide yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta mampu meningkatkan ketahanan hidup insulin yang telah dihasilkan oleh tubuh.

  1. Daun salam

Daun yang digunakan untuk memasak karena aromanya yang begitu harum ternyata memiliki manfaat untuk menyembuhkan diabetes. Dalam daun salam terdapat flavanoid yang dapat menurunkan kadar gula darah.

  1. Mengkudu

Di dalam mengkudu terkandung vitamin, kalium, serat alami, fosfor, dan juga nutrisi lainnya. Selain itu, juga terkandung anti-oksidan tinggi yang mampu membantu proses penyembuhan diabetes.

  1. Daun sambiloto

Daun yang memiliki rasa pahit ini memiliki kandungan flavanoid yang dapat membantu proses sekresi insulin di dalam tubuh.

  1. Gingseng

Dengan mengonsumsi gingseng setiap hari mampu meningkatkan daya tahan tubuh, juga mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh serta membantu tubuh dalam memproduksi insulin.

  1. Daun sirsak

Tidak semua daun sirsak dapat digunakan untuk mengatasi gejala diabetes, yang dapat digunakan hanya daun yang masih muda. Caranya, dengan merebus daun sirsak yang masih muda, kemudian air rebusan tadi diminum.

Baca Juga:  Cara Membuat Daging dari Jamur, Cocok untuk si Vegan