Jenis Tanaman Hias Berdaun Lebar Penghias Halaman yang Elegan

    Pertanianku — Ada berapa jenis tanaman hias berdaun lebar yang Anda ketahui? Jenis tanaman seperti ini ternyata cukup bagus untuk menghias halaman Anda sehingga tampak elegan. Selain itu, dengan menaruh tanaman hias di teras juga dapat mempertahankan kualitas udara dan membuat suasana asri.

    jenis tanaman hias
    Foto: Shutterstock

    Nah, berikut ini ada 5 jenis tanaman hias berdaun lebar yang bisa Anda letakkan di halaman untuk menampilkan kesan yang elegan.

    1. Keladi red star

    Loading...

    Sesuai namanya, tumbuhan yang satu ini mempunyai daun yang sangat cantik dengan warna merah. Bentuk daunnya lebar dengan warna hijau yang berpadu dengan warna merah. Kombinasi warna keduanya tentunya sangat menarik perhatian mata yang memandang. Tidak heran jika banyak orang menyukai tanaman hias ini. Mungkin Anda dapat memeliharanya di rumah.

    2. Dieffenbachia

    Mungkin untuk mengucapkan namanya terasa sulit. Tapi, bagi orang Jawa tanaman yang satu ini kerap disebut sebagai beras kutah. Alasannya karena daunnya yang hijau memiliki bercak putih. Tanaman ini termasuk sebagai tanaman hias berdaun lebar. Namun, perlu diperhatikan, salah satu tanaman ini memiliki getah di daun yang dapat membuat gatal-gatal. Untuk itu, sebaiknya Anda mengawasi anak-anak dari tanaman ini. Tanaman ini dapat diletakkan di mana pun, baik dalam maupun luar.

    3. Kadaka

    Tanaman hias ini termasuk jenis salah satu tanaman, yaitu tanaman pakis. Tapi daunnya lebih besar serta panjang dan daunnya tebal. Tanaman ini kerap ditemui di hutan. Dulu tanaman ini gratis karena bisa langsung mengambilnya dari alam. Tapi sekarang banyak sudah banyak yang memperjualbelikan dan mengincar tanaman ini. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman khas Indonesia. Semakin menarik bentuk daunnya, harganya akan semakin mahal.

    Baca Juga:  Ini Komoditas Ekspor Pertanian Indonesia Paling Menggiurkan

    4. Kuping gajah

    Tanaman hias satu ini merupakan tanaman hias berdaun lebar yang populer oleh pencinta tanaman. Hal ini dikarenakan bentuk daunnya yang menarik perhatian akan keunikannya. Tanaman ini memiliki tulang daun dengan ukuran besar serta daunnya yang lebar membuat tanaman ini kerap dijuluki kuping gajah cocok untuk Anda yang menyukai tanaman hias berdaun lebar. Karena tidak memerlukan banyak cahaya matahari, tanaman dapat Anda taruh pada teras rumah.

    5. Pohon ketapang

    Daun tanaman ini cukup lebar. Dengan diameter yang bisa melebihi 20 cm. Cocok untuk Anda penyuka tanaman hias berdaun lebar. Tanaman yang termasuk sebagai tumbuhan tropis ini, cocok untuk ditanam di negara Indonesia. Bahkan, ada yang menanam tanaman ini hingga 2 tahun bertumbuh lebat, walaupun ada juga di antaranya yang mati.

    Untuk itu, Anda perlu memerhatikan tanah tanaman ini, saat sudah mulai kering siram secukupnya dan setiap 2 bulan sekali berikanlah pupuk. Pohon ketapang yang lebat cocok sebagai tampias cahaya matahari. Selain itu, Anda perlu memerhatikan pemangkasan pohon ketapang karena tanaman ini dapat tumbuh sekitar 2 meter.

    Loading...
    Loading...