Jenis Tanaman Hias Cantik Minim Perawatan


Pertanianku — Keberadaan tanaman hias di pekarangan atau di dalam rumah bisa menyegarkan mata sekaligus memberi efek tenang, terutama dengan kehadiran bunganya yang cantik. Ada beberapa jenis tanaman hias cantik yang minim perawatannya sehingga memudahkan Anda.

jenis tanaman hias cantik
Foto: Pixabay

Faktor yang mendorong penghobi untuk menyukai tanaman hias untuk ditanam, yaitu cara perawatannya yang tidak terlalu sulit dan cenderung mudah.

Bagi Anda yang tertarik untuk merawat tanaman hias bunga, namun tidak ingin direpotkan dengan perawatannya, berikut ini sederet nama tanaman hias yang memenuhi dua persyaratan tersebut.

  1. Asoka

Tanaman yang memiliki nama Latin Saraca Indica ini dianggap suci oleh umat Hindu. Menariknya, pada April dan Mei di setiap malamnya, tanaman ini akan mengeluarkan aroma harum.

Untuk pertumbuhannya, tanaman ini akan berbunga saat musim penghujan, dan biasanya bunga yang bermekaran akan tahan selama 3—4 bulan. Terkait perawatannya, Anda tidak harus melakukan penanganan khusus, karena cukup di pupuk sekali selama tiga bulan.

  1. Alamanda

Tanaman cantik ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, serta kerap disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning atau bunga buttercup. Alamanda sangat cocok ditanam di Indonesia karena memiliki iklim yang tepat untuk menyokong pertumbuhannya.

Bagi Anda yang tertarik untuk menanam alamanda, media tanam yang dibutuhkan adalah tanah yang berpasir, kaya akan bahan organik serta beraerasi dengan baik.

  1. Kemuning

Tanaman ini memiliki nama Latin Murraya Paniculata atau kemuning. Tumbuhan tropis berwarna putih ini dapat berbunga sepanjang tahun dan berbau harum. Untuk pertumbuhannya, cukup diletakkan di wilayah dengan sinar matahari yang cukup.

  1. Kembang sepatu

Tanaman hias yang memiliki warna bunga merah menyala dan bentuknya besar sudah tidak asing lagi di mata para hobiis tanaman. Kenapa? karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Berbanding terbalik dengan namanya, kembang sepatu merupakan contoh bunga yang sempurna versi mata pelajaran Biologi karena memiliki semua organ biologis.

Baca Juga:  Tips Sederhana Merawat Taman Vertikal