Jenis Tanaman Hias Gantung Terbaik


Pertanianku — Pekarangan dengan tanaman memang menjadi idaman hampir setiap orang. Anda bisa mencoba tanaman gantung sebagai penghias rumah. Banyak sekali jenis tanaman hias gantung yang mungkin cocok untuk menghias rumah Anda. Bayangkan, sepanjang mata memandang, warna-warni indah dan bau semerbak dari tanaman gantung sudah siap menyambut kedatangan Anda di rumah.

jenis tanaman hias gantung
Foto: Pixabay

Untuk itu, yuk, langsung lihat ulasan berikut ini yang membahas tentang jenis tanaman hias gantung terbaik yang dijamin bikin rumah tambah adem dan makin cantik.

  1. Fuschia atau kembang anting-anting

Di Indonesia, mungkin kita lebih mengenal istilah ‘bunga anting-anting’ dibandingkan dengan nama baratnya, yaitu fuschia. Sesuai julukannya, memang tanaman yang satu ini paling cocok untuk tanaman gantung karena posisi menggantungnya yang mirip dengan anting-anting cantik.

Seperti tanaman tropis pada umumnya, tanaman gantung ini bisa subur dan mekar sepanjang tahun. Bisa ditemukan di taman-taman minimalis. Bibit fuschia juga mudah ditemukan di pasaran dalam berbagai macam variasi warna seperti merah, putih, pink, ungu dan warna kombinasi.

  1. Lili paris (chlorophytum comosum) sebagai tanaman gantung

Berasal dari Afrika Selatan, lili paris termasuk tanaman hias yang populer di daerah tropis seperti Indonesia karena tahan panas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Dengan warna daun yang menarik dan bisa tumbuh panjang ke bawah, tidak heran jika banyak yang menggunakan lili paris sebagai tanaman gantung di rumah.

  1. Begonia

Satu lagi tanaman gantung hias yang juga mudah ditanam di negara tropis, yaitu begonia. Untuk jenis begonia sendiri, terdapat beberapa variasi yang berbeda, dimulai dari dedaunan begonia hingga pucuk bunga begonia dalam aneka warna dan bentuk yang cocok untuk tanaman gantung.

Baca Juga:  Tanaman Hias Mini untuk Meja Kerja Pengusir Galau

Salah satu yang paling terkenal adalah begonia rex dengan bentuk daun yang besar dan didominasi dengan warna hijau dan merah yang menarik. Ada juga begonia cane yang tidak kalah tenar dengan julukan “Sayap Malaikat” hingga begonia lilin atau wax begonia karena daunnya yang terlihat seperti dilapisi lilin.

  1. Menghalau nyamuk dengan geranium

Cocok sebagai tanaman gantung, bunga geranium umumnya berwarna merah dan ungu dengan karakteristik yang berbeda-beda. Keunggulannya sebagai tanaman gantung yang paling diminati adalah berfungsi sebagai penghalau nyamuk sehingga kehadirannya sangat membantu mengurangi serangga berkaki enam itu.

  1. Tanaman anggrek (orchidaceae)

Tanaman gantung anggrek juga sudah bukan hal asing lagi bagi pecinta flora di Indonesia. Banyak jenis anggrek yang bisa dijadikan sebagai tanaman gantung dan memberikan nilai estetika tersendiri bersama dengan tanaman lain di pekarangan rumah milik Anda.

Selain bentuknya yang indah dan benihnya yang mudah didapat, anggrek sebagai tanaman gantung juga mempunyai khasiat antistres karena keindahan dan aromanya yang bisa memberikan efek relaksasi. Menggunakan anggrek sebagai tanaman gantung juga dipercaya bisa mengurangi polusi udara. Selain itu, anggrek bisa dijadikan bahan makanan dan tonik panjang usia, hingga mengobati berbagai penyakit seperti demam dan nyeri sendi.