Jenis Tanaman Hias yang Bisa Bikin Kaya Mendadak


Pertaniaku — Percayakah Anda bahwa ada sejumlah jenis tanaman hias yang bisa membuat Anda kaya mendadak? Ya, memang ada beberapa jenis tanaman hias yang memiliki keunikan sehingga harganya jadi begitu mahal.

jenis tanaman hias
Foto: Google Image

Mau tahu tanaman hias yang kini populer dengan harga selangit? Berikut lima tanaman hias yang bisa buat Anda kaya mendadak.

  1. Sansevieria

Sansevieria adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Jenis yang biasa diburu ialah yang bentuknya unik dan langka alias variegata. Semakin unik dan langka, berarti semakin eksklusif dan juga semakin mahal. Paling mahal adalah jenis Kirkii Silver Blue yang menembus angka Rp10 juta per daunnya.

  1. Euphorbia

Corak bunganya yang indah dan eksotis membuat para pecinta tanaman melupakan duri yang menempel di batang euphorbia. Jenis euphorbia sangat banyak, mulai yang lokal hingga impor, atau hasil silangan. Lantaran mudah ditanam, membuat harga tanaman ini cukup murah. Perawatan yang mudah juga menjadi salah satu alasan tanaman asli Madagaskar ini digemari.

  1. Anthurium

Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam aglaonema, philodendron, keladi hias, dan alokasia. Anthurium memiliki masa tren paling lama di antara yang lainnya, yakni 2 tahun.

Tulang daun yang besar dan menonjol membuat tanaman ini tampak kekar. Anthurium ada 1.000 jenis, tapi yang populer hanya beberapa. Di antaranya Anthurium Jenmanii, Wave of Love, Hookeri, Jenmanii Sawi, Anthurium Variegata, dan lain-lain. Paling mahal dari jenis Jenmanii, bisa menembus puluhan juta, bahkan ratusan juta rupiah. Di Oasis Nursery, anthurium termahal yang pernah dijual seharga Rp70 juta.

  1. Adenium
Baca Juga:  Begini Konsep Pertanian Ramah Lingkungan

Adenium atau kamboja jepang berasal dari daerah gurun pasir yang kering, dari daratan Asia Barat hingga Afrika. Sebutannya di sana adalah Mawar Padang Pasir. Dulu, harga adenium masih sangat mahal. Tapi kini dengan uang 10 ribu, kita sudah dapat adenium dengan corak warna yang bagus. Dengan uang 20 ribu, kita dapat adenium jenis Harry Potter atau Peterpan.

Untuk mendapat adenium berwarna kuning cukup mengeluarkan kocek 50 ribu. Meski begitu, masih banyak adenium yang nilainya jutaan, bahkan puluhan juta. Dengan bonggol yang unik, harga tanaman ini bisa terkatrol tinggi.

  1. Aglaonema

Aglaonema merupakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus aglaonema ada sekitar 30 spesies. Tanaman yang akrab disapa Sri Rejeki ini terdiri atas beragam spesies. Chocin, Miss Thailand, Red Silver, Param Ruay, dan Pink Panther adalah spesies yang harganya masih mahal.