Jenis Tanaman Hidroponik dengan Harga Jual Tinggi


Pertanianku — Naiknya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah dan sayur tentunya memberikan dampak baik bagi usaha bidang pertanian. Hasil panen yang memiliki nilai jual tinggi bisa memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Anda bisa menggunakan teknik hidroponik untuk mendapatkan hasil panen dengan cepat dan banyak. Ada beberapa tanaman hidroponik dengan harga jual tinggi.

tanaman hidroponik dengan harga jual tinggi
Foto: Pertanianku

Berikut berbagai jenis tanaman sayur dan buah hidroponik yang memiliki jual tinggi dan cepat panen yang perlu Anda ketahui.

  1. Selada

Hidroponik sayuran ini telah tersebar luas di lahan sekitar 300.000 hektare dengan hasil produksi mencapai 3 juta ton tiap tahunnya. Daun selada biasanya dijadikan sebagai lalapan sayur untuk makanan nusantara. Misalnya, pecel lele, ayam goreng, dan sebagainya. Mengonsumsi selada secara rutin tentu saja akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh.

  1. Seledri

Jenis sayuran yang satu ini bisa ditanam secara hidroponik dengan menerapkan sistem sumbu atau wick system. Tak hanya sistem sumbu, seledri sebenarnya juga bisa ditanam hidroponik dengan sistem lainnya seperti rakit apung atau water culture.

Tentunya, setiap sistem hidroponik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di balik ukuran seledri yang terbilang mini, ada banyak kandungan dan manfaat yang ada di dalamnya.

  1. Terong jepang

Terong jepang memiliki bentuk yang bervariasi. Ada yang bulat, panjang, dan ada juga yang pendek. Jenis sayuran dari Jepang ini seringkali dijadikan sebagai tempura dan campuran salad.

Terong jepang termasuk jenis sayuran sehat yang bisa digunakan sebagai alat pengobatan alami. Banyak manfaat yang bisa diambil dari sayuran ini salah satunya mencegah kanker usus.

  1. Stroberi

Buah stroberi banyak digunakan sebagai bahan makanan seperti selai, produk minuman, dan juga pemanis pada beberapa jenis kue. Penggunaannya yang begitu beragam tersebut menjadikan buah stroberi sebagai tanaman buah yang bernilai ekonomi tinggi. Stroberi bisa ditanam secara hidroponik dengan menerapkan sistem tetes. Cara ini dinilai lebih mudah dan praktis.

  1. Semangka
Baca Juga:  Cara Menanam Semangka Sistem Hidroponik

Tanaman hidroponik bernilai jual tinggi selanjutnya ialah semangka. Tanaman buah bernilai ekonomi tinggi ini mampu menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh. Tahapan yang perlu Anda lakukan dalam membudidayakan tanaman buah semangka secara hidroponik adalah pemilihan bibit.

Setelah itu, Anda lanjutkan dengan mempersiapkan alat serta bahannya untuk membuat sistem hidroponik. Kemudian, lakukanlah penyemaian tanaman, penanaman tanaman, serta pemeliharaan tanaman. Baru setelah itu, Anda bisa lakukan proses panen tanaman buah semangka saat sudah menginjak usia 2—3 bulan sesudah masa tanam.