Jenis Tanaman Mawar yang Jarang Ditemui


Pertanianku Tanaman mawar telah dipakai dalam berbagai hal. Oleh karena itu, tidak heran apabila permintaan atas bunga mawar terus meningkat. Apalagi dengan kenyataan bahwa tiap bunga mawar memiliki keistimewaan tersendiri. Hal tersebut tidak lepas karena bunga mawar nyatanya memang memiliki banyak jenis.

Tanaman mawar
Foto: Pixabay
  1. Mawar liar

Mawar liar termasuk jenis mawar yang sudah lama dikenal. Hal tersebut tidak terlepas karena mawar liar sudah ada di berbagai tempat di dunia. Selain itu, penyebaran mawar liar cukup luas sehingga jenis mawar ini bisa ditemukan di berbagai tempat. Ternyata penyebaran tersebut juga tidak lepas dari daya tahan yang dimiliki oleh mawar liar.

Mawar liar memiliki daya tahan yang tinggi terhadap hama dan penyakit. Sesuatu yang bisa dibilang, cukup jarang dimiliki oleh jenis mawar lainnya. Hal ini membuat mawar liar penyebarannya terus meluas dan dengan jumlah yang semakin banyak sehingga semakin dikenal.

2. Mawar kuno

Jenis mawar kuno paling diapresiasi karena keindahannya. Hal tersebut tidak lepas karena tiap kali jenis mawar kuno mekar, keindahannya tidak akan bisa memungkirinya lagi. Selain itu, kelebihan yang dimiliki oleh mawar kuno adalah keharuman yang dimiliki.

Tiap kali berbunga, jenis mawar kuno akan mengeluarkan wangi yang sangat harum dan juga semerbak. Sesuatu yang tentunya membuat jenis mawar kuno menjadi disukai oleh banyak pihak.

Namun, ternyata dari semua kelebihan yang dimiliki oleh mawar kuno nyatanya jenis mawar ini juga memiliki kelemahan. Kelemahan yang paling utama adalah mawar kuno hanya mekar satu kali dalam semusim.

Bisa dibilang untuk menunggu mawar kuno agar bisa mekar akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Sesuatu yang mungkin membuat banyak orang menjadi tidak sabaran. Jenis-jenis mawar kuno akan sebagai berikut.

Baca Juga:  Raup Omzet Rp500 Juta Setahun dari Budidaya Lidah Buaya

3. Alba

Jenis mawar kuno yang pertama adalah bunga alba. Bunga ini sudah sangat terkenal di Eropa terutama di daratan Inggris. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukan tanpa alasan. Alasan utamanya adalah karena bunga alba memang pertama kali ditemukan di Inggris. Alba berwarna putih dan waktu mekarnya yang hanya satu kali tiap musimnya.

4. Damask

Jenis lainnya dari mawar kuno adalah jenis bunga mawar damask. Bunga damask sendiri terkenal karena keindahan yang dimiliki. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyak pihak yang menginginkan bunga damask untuk dirawat ataupun ditanam.

5. Portland

Nama dari bunga mawar jenis ini sendiri diambil dari nama salah satu bangsawan yang sudah cukup terkenal. Untuk mengenang jasa-jasa beliau, namanya kemudian diambil untuk mawar jenis ini yang hanya bisa ditemukan di berbagai tempat tertentu. Selain itu, bangsawan tersebut juga dikenal dengan kesukaannya terhadap berbagai jenis bunga salah satunya adalah bunga mawar.