Jenis Tanaman Sayuran yang Dapat Ditanam di Dalam Pot

Pertanianku — Menanam sayuran di dalam pot sudah menjadi salah satu alternatif yang banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan untuk mengefesiensikan lahan yang dimilikinya. Dengan menanam sayur di dalam pot, pekebun dapat memodifikasi instalasi tanamnya, seperti tersusun menjadi keatas.

sayuran di dalam pot
foto: Pertanianku

Saat ini sudah banyak jenis tanaman yang dapat ditanam di dalam pot meski tanaman tersebut lebih sering ditemui ditanam di lahan. Anda bisa membaca panduan berkebun berbagai macam jenis sayuran di dalam buku 15 Sayuran Organik dalam Pot. Berikut ini beberapa jenis tanaman sayuran yang bisa ditanam di dalam pot.

Bawang bombai

Bawang bombai masih satu garis keturunan dengan bawang merah yang sangat terkenal. Perbedaannya sangat mencolok, yakni dari bau atau aroma serta bentuknya. Tanaman bawang bombai berakar serabut dengan daun berbentuk silinder tungga. Umbi bawang terbentuk pada bagia pangkal duan yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsi, membesar, serta membentuk umbi lapis.

Bawang daun

Bawang daun terbilang sangat mudah utnuk ditanam sendiri di rumah. Tanaman bawnag duan tidak dapat menghasilkan umbi seperti tanaman bawang-bawangan lainnya. Daun tanaman bulat panjang dan berlubang seperti pipa. Anda dapat memanfaatkan bagian bawah bawang daun yang masih ada akarnya sebagai bibit tanaman.

Cabai merah

Siapa yang tidak tahu cabai, salah satu tanaman yang sangat popular di Indonesia dan sudah dibudidayakan dengan berbagai macam model. Cabai merah sudah sering ditanam di dalam pot. Tanaman cabai berakar tunggang dengan banyaka akar samping yang dangkal.

Paprika

Paprika merupakan jenis cabai yang baru popular di Indonesia pada beberapa tahun terkahir ini. Berbeda dengan cabai, tubuh paprika ini besar dan gendut seperti lonceng. Rasanya tidak sepedar cabai, bahkan cenderung terasa manis.

Baca Juga:  Air Hidroponik yang Digunakan Harus Bersih

Selada

Selada merupakan tanaman sayuran yang biasa ditanam di daerah dingin dan tropis. Daun selada sering digunakan sebagai lalapan atau dikonsumsi secara mentah. Varietas selada yang palig baik adalah New York, Imperial, Great Lakes, dan Pennlake.

Terung

Terung merupakan tanaman setahun berjenis perdu yang dapat tumbuh hingga setinggi 60-90 cm. daun tanaman terung lebar menyerupai telinga. Tanaman ini berakar tunggang dengan akar samping yang dangkal.

Masih ada banyak jenis tanaman sayur yang dapat ditanam di dalam pot. Dalam buku 15 Sayuran Organik dalam Pot membahas berbagai macam cara untuk menanam sayuran organik di dalam pot. Untuk mendapatkannya sebagai refrensi, Anda bisa langsung menghubungi whatsapp admin Penebar Swadaya.