Jenis Tanaman Sumber Makanan Lebah Trigona Penghasil Propolis

Pertanianku — Usaha peternakan lebah trigona penghasil propolis dapat berjalan lancar apabila tersedia sumber makanan yang banyak. Sumber makanan lebah penghasil propolis ini adalah tanaman yang menyediakan resin, nektar, dan polen.

Peternakan lebah trigona
foto: Pertanianku

Namun, tidak semua jenis tanaman menyediakan resin, nektar, dan polen. Umumnya, semakin beragam dan banyak jenis tanaman yang berada pada kebun tersebut, semakin pesat pula pertumbuhannya. Vegetasi favorit trigona adalah Siphokentia beguinii (palem-paleman).

Lebah akan bolak-balik dari sarang ke bunga Siphokentia untuk mengumpulkan polen. Polen tersebut dikumpulkan di bagian tungkai hingga membentuk bola-bola polen. Biasanya, serangga ini aktif bekerja pada mulai pukul 07:00 hingga matahari terbenam.

Lebah penghasil propolis merupakan organisme yang bersifat oportunis. Semua jenis tanaman dapat dijadikan sumber pakan. Itu sebabnya lebah ini dapat tumbuh dan berkembang pesat di kebun dengan beragam tanaman. Bahkan, semakin banyak jenis sumber pakan, akan semakin cepat pula pertumbuhan lebah-lebah yang tidak bersengat ini.

Namun, tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan sumber propolis. Anda harus menghindari vegetasi seperti Cycas (pakis-pakisan), enchepalartos, dan zamia. Polen yang didapatkan dari tanaman ini dapat menyebabkan kepikunan. Berikut ini tanaman yang dapat menjadi sumber resin, nektar, dan polen untuk lebah trigona.

Resin

Tanaman yang bagus menjadi sumber resin adalah damar (Agathis spp. dan Shorea spp.), cemara Norfolk, nangka, cemara-cemaraan, manggis, kemenyan, kenari, kopaiba, meranti-merantian, pala, philodendron, pinus dan pincaeae, rasamala, sawo, singkong karet, serta trenggulun.

Nektar

Tanaman yang bagus menjadi sumber nektar adalah akasia, aren, balilang, belimbing, cendana, damar (Shorea spp.), durian, eukaliptus, jambu air, jarak Batavia, kaliandra, kapuk randu, kelapa, keruing, labu kuning, labu siam, lengkeng, mahkota duri, mangga, mengkudu, nyamplung, palem-paleman, pulai, rambutan, salam, sempur, singkong, uru, dan medang.

Baca Juga:  Cara Menjaga Kesehatan Sapi

Polen

Tanaman yang bagus menjadi sumber polen adalah aren, balulang, bangkal kuning, begonia, belimbing, cendana, eukaliptus, jagung, jambu air, jarak Batavia, kaliandra, kaben, kelapa, kelapa sawit, kersen, labu kuning, labu siam, lengkeng, mahkota duri, medang, nangka, petai cina, pulai, putri malu, rambutan, salak, salam, sempur, sengon, singkong, soka, mengkudu, uru, dan melon.