Jenis Tanaman Tahunan yang Dapat Ditanam Bersama Lada

Pertanianku — Lada dapat dibudidayakan secara polikultur, yakni ditanam bersama jenis tanaman lain di dalam satu lahan. Pasalnya, tanaman lada tergolong cukup tahan terhadap naungan sehingga rempah-rempah ini dapat ditanam sebagai tanaman sela di antara tanaman tahunan. Namun, tanaman tahunan tersebut harus ditanam dengan jarak yang lebar dan memiliki tajuk yang masih memungkinkan ditembus cahaya sehingga lada tetap bisa mendapatkan cahaya matahari.

tanaman lada
foto: Trubus

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan saat menanam secara polikultur adalah pemangkasan atau penjarangan tanaman. Kegiatan ini sangat penting agar cahaya matahari tetap bisa masuk ke permukaan tajuk lada minimal 70 persen.

Tanaman kelapa

Jenis lada panjat dan lada perdu bisa ditanam di antara tanaman kelapa. Tanaman kelapa harus ditanam dengan jarak 10 m × 10 m sehingga Anda bisa menanam tiga baris tanaman lada panjat dengan jarak 2,5 m × 2,0 m atau lada perdu dengan jarak 1,5 m × 1,0 m.

Tanaman kopi

Lada panjat dapat ditanam bersama tanaman kopi yang bisa berfungsi sebagai tajar hidup bagi lada. Pada pohon naungan kopi dapat ditanam lada panjat sebanyak 400 pohon.

Eucalyptus

Lada juga bisa ditanam di antara beberapa jenis pohon kayu yang bertajuk tidak terlalu rimbun dan batangnya tidak mudah patah seperti eucalyptus. Apabila eucalyptus ditanam dengan jarak 8 m × 8 m, lada perdu bisa ditanam sebagai tanaman sela dengan jarak tanam 2 m × 1 m.

Tanaman karet

Pola polikultur juga bisa Anda terapkan dengan menggunakan tanaman karet. Namun, populasi karet yang digunakan tidak bisa begitu banyak, hanya setengah dari populasi normalnya. Lada panjat atau lada perdu bisa ditanam untuk menggantikan area satu barisan karet. Apabila karet ditanam dengan jarak 6 m × 3,3 m, jarak tanaman karet perlu diperbesar menjadi 12, m × 3,3 m untuk menaman lada di antara barisan karet.

Baca Juga:  Terapkan Pola Kemitraan, Petani Tembakau di Blora Untung

Pola tanam tersebut menyebabkan populasi karet berkurang menjadi 250 pohon per hektare. Sementara itu, populasi lada panjat yang ditanam dengan jarak 3 m × 2,5 m adalah 667. Namun, bila Anda menanam lada perdu dengan jarak tanam 1,5 m × 1 m, jumlah populasi lada perdu mencapai 3.333 pohon.