Jenis Tanaman Tumpangsari yang Tepat di Bawah Naungan Pohon Kayu

Pertanianku — Jika hanya mengandalkan pendapatan dari berkebun pohon kayu, petani akan mendapatkan balik modal dalam jangka waktu yang cukup lama. Pasalnya, pohon kayu tidak dapat dipanen dalam hitungan bulan. Pohon kayu baru bisa dipanen setelah bertahun-tahun kemudian. Meskipun hasil panennya menggiurkan, petani harus tetap melakukan tumpangsari. Berikut beberapa jenis tanaman tumpangsari yang dapat digunakan dengan tepat.

jenis tanaman tumpangsari
foto: pertanianku

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan jenis tanaman tumpangsari yang dapat digunakan pada saat pohon kayu masih berumur 0—2 tahun. Pada saat itu pohon kayu masih belum terlalu besar, tajuknya masih kecil sehingga cahaya matahari masih dapat dengan optimal menyinari tanaman lainnya.

Loading...

Gunakan tanaman buah semusim seperti pepaya, melon, semangka, dan pisang. Penggunaan pohon buah yang semusim berguna untuk memudahkan petani mengganti pohon tumpangsari saat pohon kayu sudah tumbuh lebat.

Sayuran

Sayuran sama seperti tanaman buah yang juga dapat digunakan pada saat pohon kayu berumur 0—2 tahun. Jenis sayuran ada tiga, yaitu sayuran daun, sayuran umbi, dan sayuran buah. Sayuran buah yang dapat digunakan adalah cabai merah, cabai keriting, cabai rawit, mentimun, terung, dan tomat.

Sayuran daun yang dapat digunakan adalah sawi, bayam, kangkung, pakcoy, kailan, kol daun, kol bunga, dan brokoli. Sementara, sayuran umbi yang dapat digunakan adalah kentang, ubi jalar, talas, lobak, dan wortel.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga dapat ditanam pada saat pohon masih berumur 0—2 tahun. Kacang-kacangan yang dapat digunakan adalah kacang tanah, kacang hijau, koro, kedelai, kacang panjang, dan buncis.

Rimpang

Ada sebagian rimpang yang hanya bisa ditanam pada saat tanaman masih berumur 0—2 tahun, yaitu berbagai macam jahe, lengkuas, temulawak, kunyit, dan kencur. Ada juga rimpang yang dapat ditanam pada saat pohon sudah bertajuk rimbun atau berumur 3 tahun ke atas, yaitu temu putih, temu mangga, dan temu hitam.

Baca Juga:  Jenis-jenis Buah Dataran Rendah yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Saat pohon kayu sudah berumur 3 tahun lebih

Saat ini pohon kayu sudah memiliki tajuk yang cukup lebat sehingga intensitas cahaya semakin berkurang. Tanaman yang cocok ditanam di bawah naungan pohon kayu adalah kapulaga, porang, katuk, dan beberapa jenis temu-temuan. Masa tanam tanaman ini terbilang lebih lama dibandingkan tanaman yang ditanam pada saat pohon kayu masih kecil.

 

 

Loading...
Loading...