Jenis Tanaman yang Cocok Dibudidayakan di Dataran Tinggi

Pertanianku — Dataran tinggi terletak pada ketinggian di atas 700 m dpl. Anda yang tinggal di daerah dataran tinggi dan memiliki hobi bercocok tanam tentu harus paham jenis tanaman apa saja yang cocok dan dapat tumbuh subur di situ. Nah, berikut ini jenis tanaman yang cocok dibudidayakan di dataran tinggi.

jenis tanaman yang cocok dibudidayakan di dataran tinggi
Foto: Shutterstock

1. Tanaman stroberi

Bagi Anda yang tinggal di daerah dataran tinggi, jenis tanaman ini sangat cocok untuk ditanam. Tanaman stroberi memang dapat pula kita tanam di daerah dataran rendah, namun harus dengan perawatan yang ekstra.

2. Tanaman wortel

Tanaman selanjutnya yang dapat tumbuh baik pada daratan tinggi adalah wortel. Faktor yang memengaruhi tumbuh kembang tanaman wortel antara lain suhu, jenis tanah, curah hujan, kelembapan, dan intensitas sinar matahari. Wortel biasanya dibudidayakan pada tanah yang memiliki tekstur seperti andosol, alluvial, regosol, dan latosol. Jenis tanah tersebut biasanya terdapat di dataran tinggi, tetapi dapat juga diusahakan pada dataran rendah.

3. Tanaman brokoli

Cara menanam brokoli tidak terlalu sulit, apalagi bagi Anda yang tinggal di dataran tinggi. Hanya saja, Anda harus memerhatikan pasokan air serta ketinggian lahan untuk membudidayakan sayuran ini. Brokoli tidak dapat ditanam di daerah yang memiliki suhu panas.

4. Tanaman kubis

Tanaman kubis sangatlah cocok ditanam di daerah atau area yang bercuaca dingin dan berada pada ketinggian 1.500—2.000 m dpl. Jika suhu dan ketinggian area sudah memenuhi kriteria, sebaiknya Anda juga harus memerhatikan banyaknya humus dan gemburnya tanah yang akan dijadikan lahan untuk membudidayakan kubis. Hal ini akan sangat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan tanaman kubis itu sendiri.

5. Tanaman kentang

Tanaman kentang akan tumbuh baik pada daerah yang memiliki ketinggian antara 1.000—2.000 m dpl dengan suhu 15—22 derajat Celcius. Curah hujan yang baik selama periode pertumbuhan tanaman kentang adalah 1.000—1.500 mm. Apabila curah hujan terlalu tinggi, bisa menyebabkan kebusukan pada umbi.

Baca Juga:  Plastikultura, Bertanam dengan Bantuan Plastik

6. Tanaman apel

Tanaman selanjutnya yang mampu tumbuh baik di daerah dataran tinggi adalah apel. Di Indonesia, tanaman buah apel yang paling terkenal adalah apel malang, yang banyak dibudidayakan di Batu, Malang, Jawa Timur. Pasalnya, daerah tersebut merupakan daerah dataran tinggi.

7. Tanaman teh

Tanaman teh dapat tumbuh subur di daerah-daerah dengan ketinggian 200—2.000 m dpl. Tanaman teh menghendaki tanah yang dalam dan mudah menyerap air. Tanaman tidak tahan terhadap kekeringan serta menuntut curah hujan minimum 1.200 mm yang merata sepanjang tahun.

8. Tanaman kopi

Lokasi lahan yang terletak di ketinggian lebih dari 800 m dpl sangat cocok untuk ditanami arabika. Sementara, dari ketinggian 400—800 meter bisa ditanami robusta. Budidaya kopi di dataran rendah bisa mempertimbangkan jenis liberica atau excelso.

9. Tanaman kakao

Syarat tumbuh tanaman kakao adalah curah hujannya berkisar 1.100—3.000 mm per tahun. Temperaturnya antara lain 30—32 derajat Celcius (maksimum) dan 18—21 derajat Celcius (minimum). Sementara, lingkungan hidup tanaman kakao yakni hutan tropis yang pada pertumbuhannya memerlukan naungan untuk menghindari pencahayaan penuh.

Loading...