Jenis Tanaman yang Cocok Ditanam Saat Menjelang Bulan Puasa

Pertanianku— Biasanya ada banyak kebiasaan unik yang populer ketika bulan puasa, salah satunya makanan untuk berbuka puasa. Sebagian besar makanan puasa diolah dari tanaman, seperti umbi atau buah. Hal ini untuk mencukupi semua kebutuhan energi, air, vitamin, serta kandungan gizi lainnya agar kuat berpuasa satu hari penuh. Biasanya, tanaman umbi atau buah sudah dipersiapkan saat menjelang bulan puasa.

menjelang bulan puasa
foto: Pertanianku

Berikut ini beberapa tanaman yang cocok ditanam saat menjelang bulan puasa agar bisa dipanen dan dinikmati ketika berbuka puasa. Hasil panen tersebut dapat digunakan untuk konsumsi pribadi atau kelebihannya dijual sebagai pemasukan tambahan.

Buah timun suri dan blewah

Popularitas kedua jenis buah ini semakin tinggi di bulan puasa karena banyak kosumen yang mencarinya untuk dibuat menjadi es buah atau menu minuman penyegar lainnya. Timun suri berguna sebagai sumber energi karena mengandung glukosa dan fruktosa. Sementara itu, blewah dapat menghilangkan dahaga karena kandungan air yang cukup tinggi mencapai lebih dari 90 persen.

Blewah dan timun suri, keduanya berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas.

Pohon pisang

Buah pisang dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi makanan olahan seperti kolak pisang atau gorengan pisang. Namun, Anda harus menentukan jenis pisang yang akan ditanam karena tidak semua pisang bisa diolah atau dimakan langsung.

Anda juga bisa memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus makanan, seperti lontong dan pepes. Dengan begitu, tidak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, tetapi juga daunnya.

Berbagai umbi

Menanam berbagai umbi menjelang bulan puasa bisa memberikan Anda keunutngan. Hal ini karena umbi tersebut bisa digunakan sebagai menu berbuka puasa, seperti kolak, gorengan, setup singkong, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Lengkeng Matalada, Lengkeng Manis yang Bagus Dijadikan Tabulampot

Kolak sudah menjadi salah satu menu buka puasa yang sangat umum dijumpai ketika bulan puasa, tetapi sulit ditemui di hari-hari biasa. Pada umumnya kolak terbuat dari umbi-umbian seperti singkong dan ubi. Namun, ada juga kolak yang terbuat dari buah pisang dan labu parang.

Daun pandan

Daun pandan menjadi bumbu masak yang dapat menambah aroma serta rasa pada masakan. Pandan sangat sering dijumpai di beberapa menu takjil seperti kolak atau bubur kacang hijau. Anda bisa mulai menanam pandan agar tidak kesulitan ketika membutuhkannya.