Jenis Tanaman yang Cocok untuk Taman Vertikal


Pertanianku Taman vertikal memanfaatkan tembok rumah, dinding, atau pagar dan bidang tegak lainnya sebagai area taman. Jika Anda tinggal di kota dan tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat taman, konsep ini bisa jadi pilihan untuk menghijaukan rumah Anda.

Taman vertikal
Foto: Google Image

Konsep taman vertikal bisa diterapkan pada berbagai bidang tegak seperti tembok rumah, gedung perkantoran, cartport, atau pagar, baik indoor maupun outdoor. Akan tetapi, tidak semua jenis tanaman bisa diaplikasikan. Tanaman yang mampu beradaptasi dan tumbuh dengan baik pada taman vertikal adalah tanaman yang memiliki karateristik tertentu.

Berikut jenis tanaman yang cocok untuk taman vertikal.

  1. Bunga lipstik (Aeschynantus radicans)

Bunga lipstik seringkali dijadikan tanaman gantung. Tanaman ini bisa tumbuh, baik di luar maupun di dalam ruangan. Karakteristik tanaman ini tidak butuh tanah yang dalam, membuatnya cocok dan akan hidup jika ditanam di taman vertikal.

  1. Kuping gajah (Anthurium crystalium)

Ciri khas yang dimiliki oleh tanaman ini adalah daun yang berbentuk hati dengan garis-garis atau urat daun berwarna putih keperakan. Kuping gajah sendiri terbagi menjadi dua jenis. Pertama, kuping gajah jenis lama yang mempunyai helai daun besar. Kedua, varian yang lebih baru dengan helai daunnya lebih kecil.

  1. Hosta

Di luar negeri, hosta atau funkia (giboshi) juga laris dijadikan tanaman kebun vertikal. Daunnya yang variegata dan indah sangat cocok karena kebun vertikal yang tidak terlalu banyak mendapatkan sinar matahari. Hosta adalah tanaman yang evergreen alias perennial.

  1. Sirih merah

Sirih merah termasuk jenis tananan rambat. Cukup indah ditempelkan ke dinding pagar atau batang pohon lain.

  1. Lili paris (Chlorophytum comosum)

Ciri khas dari tanaman jenis ini adalah daun yang kecil memanjang dengan garis putih kekuningan. Tanaman jenis ini mudah dalam perawatannya dan mempunyai kelebihan tahan terhadap sinar matahari langsung. Namun, lili paris akan tumbuh dengan optimal pada daerah atau tempat yang terlindungi dari sinar matahari.

  1. Begonia
Baca Juga:  Cara Paling Benar Setek Bunga Mawar

Jika kebun vertikal milik Anda berada di tempat yang terkena sinar matahari, paling tidak 2 jam dalam sehari, maka menanam begonia adalah ide yang bagus. Keunikan begonia terdapat pada corak daunnya.

  1. Tanduk rusa (Platycerium bifurcatum)

Bentuk dari tanaman ini tergolong unik karena menyerupai tanduk rusa jantan. Oleh karenanya, dinamakan dengan sebutan tanduk rusa. Jenis tanaman yang sangat menyukai tempat lembap dan teduh ini biasa tumbuh menempel pada batang kayu. Namun, bisa juga ditanam dengan media tanam yang tepat dan sangat cocok untuk kebun vertikal di rumah Anda.