Jenis Tanaman yang Mudah Tumbuh Subur Ditanam Secara Hidroponik

Pertanianku — Tentu tidak semua jenis tanaman dapat ditanam secara hidroponik. Oleh karena itu, Anda harus memilih beberapa jenis tanaman yang sudah terbukti. Pada dasarnya, ada banyak jenis tanaman hidroponik yang bisa Anda pilih. Namun, jika Anda merupakan pemula dalam dunia hidroponik, sebaiknya kenali dan pahami tanaman-tanaman apa saja yang terbilang cukup mudah tumbuh subur pada instalasi hidroponik. Berikut ini 5 jenis tanaman hidroponik yang mudah dipelihara.

tanaman hidroponik
foto: Pertanianku

Sawi

Jenis sawi yang bisa Anda gunakan untuk bertanam secara hidroponik, antara lain sawi putih, sawi hijau, sawi huma, sawi keriting, sawi monumen, dan sawi bakso/caisim. Sawi sudah bisa dipanen setelah berumur 40—45 hari setelah tanam. Sawi yang dipanen sebelum berbunga akan terasa jauh lebih segar dan tidak terlalu kasar atau keras di lidah. Tekstur sawi inilah yang familiar di lidah orang Indonesia.

Selada

Selada sering digunakan pada menu makanan roti isi atau salad. Jenis selada yang dapat ditanam secara hidroponik, antara lain selada krop, selada rapuh, dan selada potong. Selada sudah bisa dipanen setelah berumur 30—35 hari atau ketika daun bawahnya hampir menyentuh media. Namun, Anda juga bisa memanen selada ketika rasanya sudah enak dan segar. Jika panen selada dilakukan ketika daun sudah tua, daun akan terasa pahit dan tidak enak dikonsumsi.

Kemangi

Kemangi sering digunakan untuk menambahkan aroma serta rasa pada masakan atau dijadikan lalapan segar yang nikmat. Kemangi juga bisa ditanam secara hidroponik karena mudah dibudidayakan di dataran rendah dan dataran tinggi. Pengembangbiakan kemangi dilakukan melalui biji dan tanaman dapat tumbuh tegak hingga setinggi 100 cm.

Bayam

Bayam sangat populer di Indonesia. Ada dua jenis bayam yang biasa disantap, yaitu bayam hijau dan bayam merah. Kedua jenis bayam tersebut cocok ditanam pada instalasi hidroponik karena pada dasarnya bayam sangat mudah dibudidayakan di dataran rendah dan dataran tinggi. Bayam sudah bisa dipanen setelah berumur 20—25 hari sejak masa penyemaian.

Baca Juga:  Kriteria Air yang Bagus untuk Hidroponik

Kangkung

Kangkung menjadi tanaman sayur yang paling populer untuk ditanam secara hidroponik. Hal tersebut disebabkan oleh gerakan ketahanan pangan yang sedang digencarkan oleh pemerintah. Kangkung memang sangat mudah ditumbuhkan secara hidroponik. Sayuran ini sudah bisa dipanen saat berumur 30—40 hari setelah tanam.