Jenis Udang Hias Paling Populer dan Bernilai Jual Tinggi


Pertanianku — Konsep taman dalam air atau biasa disebut dengan aquascape, memiliki berbagai elemen pelengkap, di antaranya udang hias. Saat ini, udang hias menjadi salah satu favorit penggiat hobi tersebut. Hewan ini tidak hanya berjasa membersihkan algae, tetapi juga bisa mempercantik aquascape dengan warna dan motifnya.

udang hias
Foto: Google Image

Meskipun termasuk hobi baru, perkembangan bisnis udang hias ini cukup pesat. Bahkan, banyak penggiat hobi aquascape yang beralih mengkhususkan diri untuk mengembangbiakkan hewan ini.

Berikut ini ada 3 jenis udang hias yang paling populer dan banyak diburu pehobi aquascape.

  1. Sulawesi shrimp

Udang jenis ini asli dari Indonesia, khususnya dari Pulau Sulawesi. Udang ini memiliki beberapa jenis antara lain celebes beauty, white orchid, four season, white spot, red lines, yellow cheek, dan tigri.

  1. Neocaridina heteropoda

Neocaridina heteropoda atau Neocaridina davidi merupakan udang air tawar yang berasal dari Taiwan. Awalnya, udang jenis ini mulai populer dengan red cherry yang berwarna merah.

Setelah melalui proses perkawinan selektif dan perkawinan silang, jenis ini pun menghasilkan udang beraneka corak dan warna. Di antaranya sakura, fire red, painted fire red, black cherry, rili, yellow shrimp, fire yellow shrimp, blue pearl, snow ball, black carbon rili, dan yellow rili shrimp.

  1. Caridina cantonensis

Awalnya, udang jenis ini hanya dikenal melalui red bee, black bee, dan tiger shrimp. Setelah melalui proses perkawinan selektif dan perkawinan silang, red bee dan black bee memiliki banyak tingkatan grade berdasarkan corak (grade C, B, A, S, S+, SS, SSS, dan WBS) dan kualitas karena kemurnian gennya (PRL dan PBL).

Sementara itu, proses perkawinan selektif dan perkawinan silang pada tiger shrimp menghasilkan jenis blue tiger, black tiger, blue/black tiger orange eyes, red tiger, dan tiger bee.

Baca Juga:  5 Moss Terbaik untuk Aquascape

Perkawinan selektif dan perkawinan silang pada bee shrimp ini juga semakin menarik ketika munculnya udang jenis taiwan bee (black king kong, black panda, red wine, red ruby, dan pinto shrimp). Udang hasil persilangan para peternak Taiwan ini terkenal dengan warna cantiknya dan harga yang mahal.