Jenis Walet yang Bisa Menghasilkan Sarang Bernilai Tinggi

Pertanianku — Walet adalah burung pemakan serangga yang bersifat areal dan suka meluncur. Burung walet berwarna cokelat tua kehitaman dengan bagian dada berwarna cokelat muda, Burung ini dapat terbang cepat dengan ukuran tubuh yang sedang atau kecil. Tidak semua jenis walet bisa menghasilkan sarang yang bisa dimakan. Hanya beberapa jenis walet yang bisa menghasilkan sarang bernilai tinggi di pasaran.

jenis walet
foto: pertanianku

Walet besar (Aerodramus gigas)

Jenis walet ini berwarna hitam dengan bulu di bagian bawahnya berwarna cokelat gelap. Bulu pada bagian ekor agak bercelah. Suara burung walet besar cukup keras dan berderik. Walet ini merupakan jenis yang paling besar dibandingkan dengan jenis walet lainnya. Tubuhnya bisa mencapai sekitar 16 cm.

Loading...

Jenis walet besar mudah dijumpai di daerah Semenanjung Malayan, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Walet besar lebih mudh dijumpai di daerah berbukit dan di hutan pengunungan di dataran yang cukup tinggi.

Dibandingkan dengan jenis walet lainnya, walet besar memiliki sarang yang lebih kotor dan bentuknya tidak beraturan. Walet ini paling sering bertelur hanya sebutir dengan warna telur putih dan berbentuk agak lonjong.

Walet putih (Aerodramus fuciphagus)

Walet ini disebut dengan walet putih karena menghasilkan sarang berwarna putih. Bulu walet ini sebenarnya berwarna cokelat kehitaman dengan bulu pada bagian bawah berwarna keabuan atau cokelat.

Suara walet putih terdengar melengking cukup tinggi. Tubuh walet ini berukuran sedang dengan panjang sekitar 12 cm. Mata burung berwarna cokelat gelap dengan paruh dan kaki berwarna hitam. Burung walet putih mudah dijumpai di daerah Asia Tenggara, Filipina, Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Bali.

Burung walet putih merupakan burung lokal di Jawa dan Bali yang hidup di celah batu karang atau gua yang gelap. Di tempat itu burung walet dapat membangun sarang yang biasanya diburu oleh pemburu sarang walet.

Baca Juga:  Fakta Unik Sapi yang Tersebar di Seluruh Dunia

Di alam, sarang walet terletak di celah-celah batu karang, pantai, atau gua kapur yang cukup sulit untuk diakses. Sarang dibuat dari air liurnya, sarang burung ini cukup mahal sehingga sering dicari meskipun diletakkan di lokasi yang cukup sulit dijangkau.

Walet sarang hitam

Warna bulu walet hitam adalah cokelat kehitam-hitaman dengan bulu ekor yang berwarna kelabu. Ukuran tubuh walet hitam terbilang sedang dengan panjang 12 cm. Penampilannya hampir mirip dengan walet putih. Namun, suara walet hitam mencicit tidak melengking.

Walet ini banyak dijumpai di Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Namun, di Pulau Jawa walet ini terbilang sangat langka. Sarangnya yang berwarna hitam dibuat dari campuran air liur dan bulu-bulu yang ada di tubuhnya sehingga sarang berwarna hitam sebanyak 80 persen. Kualitas sarang hitam lebih rendah dibanding sarang putih.

 

 

 

 

Loading...
Loading...