Jepang Ciptakan Inovasi Bonsai Terbang, Seperti Apa ya?


Pertanianku – Bagi masyarakat Negeri Sakura, bonsai merupakan miniatur pohon yang memiliki nilai seni tradisional yang amat kental. Konon, bonsai dibawa Jepang dari Tiongkok sekitar 1000 tahun yang lalu. Kini bonsai telah menyebar ke hampir seluruh belahan dunia.

Ada yang unik dari bonsai yang satu ini. Kira-kira apa ya?

Sebuah perusahaan bernama Hoshinchu yang berbasis di Kyushu, Jepang, memberikan sentuhan modern pada seni yang satu ini dengan menciptakan “Air Bonsai”. Dengan sistem magnetis yang mereka rancang, sebuah pohon bonsai dapat melayang 2 cm di atas alas electric field. Sistem magnetis tersebut memungkinkan bonsai terbang melayang di atas pot.

Sistem magnetis ini bahkan cukup kuat untuk menopang fragmen khusus seperti batu lava atau benda padat lainnya yang digunakan sebagai media tanam pada bonsai. Hal ini mungkin terlihat seperti ilusi optic, tetapi alat ini benar-benar bekerja secara nyata.

Magnet di dasar porselen menghasilkan energi yang akan menjaga benda di atasnya untuk tetap melayang di udara. Sebuah adaptor AC digunakan pada alat ini untuk menciptakan mekanisme yang dapat membuat bonsai berputar ketika melayang.

Perusahaan ini telah membagikan ide mereka di Kickstarter dan meminta dukungan serta bantuan agar proyek mereka ini berhasil dan mulai diproduksi secara masal.

Baca Juga:  Taiwan Kembangkan Rumah Pot, Seperti Apa Ya?
loading...
loading...