Jeruk Gamindo B Punya Kulit yang Terasa Manis

Pertanianku— Selama ini kulit jeruk identik dengan rasa yang pahit dan tidak enak untuk dimakan. Kini, hadir jeruk dengan varietas kumquat Gamindo B yang memiliki kulit dengan rasa manis. Dilansir dari litbang.pertanian.go.id, jeruk Gamindo B telah ditetapkan sebagai Varietas Unggul Baru (VUB) dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 256 Tahun 2021 pada 26 Maret 2021. Jeruk ini berasal dari keluarga jeruk Kumquat yang bisa berbunga sepanjang tahun.

jeru gamindo B
foto: ilustrasi dari Pixabay

Keunggulan jeruk Gamindo B bukan hanya terletak pada kulitnya yang terasa manis dengan total padatan terlarut pada kulit buah sekitar 13,2—22,4 brix, tetapi juga terletak pada rasa daging buahnya yang terasa asam segar, berukuran relatif kecil dengan berat 19,47—47 gram, dan jumlah biji per buahnya terbilang sedikit hanya 4 butir.

Ketebalan daging buah sekitar 0,62—1,46 cm dengan warna oranye kekuningan. Kulit buahnya berwarna oranye dengan ketebalan 2,4—4,9 mm.

Faktanya, kandungan vitamin C pada jenis jeruk ini paling banyak terdapat pada bagian kulit buah. Kandungan vitamin C di daging buah sebesar 45,67—63,31 mg/100 gram dan pada kulit buah sekitar 59,25—63 mg/100 gram. Kandungan vitamin C tersebut sangat baik bagi tubuh untuk meningkatkan daya imun, apalagi bagian kulit buah ini terasa enak untuk dimakan.

Tanaman bisa berbuah sepanjang tahun sehingga petani bisa memanen buah jeruk ini sepanjang tahun juga. Gamindo B dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi dengan jumlan buah per tanaman mencapai 300—700 butir per tahun.

Gamindo B juga cocok dijadikan tabulampot (tanaman buah dalam pot) dengan hasil yang cukup memuaskan, yakni sekitar 11—25 kg/pot/tahun.

Tanaman ini memiliki helai daun berbentuk bulat seperti telur terbalik (obovate) dengan bagian ujung daun yang tumpul dan bentuk buah spheroid. Panjang daun sekitar 5,4—8,01 cm dengan lebar 3,5—6,6 cm. Bagian atas daun berwarma hijau olive, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau kekuningan. Tanaman jeruk Gamindo B dapat tumbuh hingga setinggi 2,31 m.

Baca Juga:  Manfaat Terung Lalapan pada Kuliner Khas Sunda