Jeruk Kalamansi yang Kaya Nutrisi

Pertanianku — Jeruk nipis merupakan salah satu anggota suku jeruk-jerukan yang sudah lama dikenal di Indonesia. Berbeda dengan buah jeruk kebanyakan, jeruk nipis dikonsumsi dengan diolah terlebih dahulu. Buah ini biasa disajikan sebagai minuman atau tambahan pada masakan. Salah satu varian yang terkenal di Indonesia adalah jeruk kalamansi.

jeruk kalamansi
Foto: homegarden_34

Jeruk kalamansi FR ini merupakan varietas jeruk nipis yang berasal dari Bengkulu. Buah berasa asam yang satu ini disebut juga dengan nama kalamondin. Anggota famili Rutaceae ini sendiri umumnya tersebar di Asia dan Amerika tengah.

Ciri utama jeruk kalamansi yang bisa Anda amati adalah dari ukurannya. Berat jeruk kalamansi berkisar 13,5—25 gram per buahnya. Bentuk jeruk kalamansi cenderung bulat gepeng. Dilihat dari kulitnya, buah ini berwarna kuning kehijauan. Jika Anda menanam jeruk kalamansi di dataran tinggi, warna kulit buah ini bisa menjadi oranye.


Loading...

Tanaman jeruk kalamansi dimanfaatkan buahnya. Buah jeruk ini memiliki rasa asam. Aromanya yang khas dan tajam membuat jeruk kalamansi sering dijadikan minuman dan penyedap masakan. Biasanya, jenis masakan yang ditambahkan jeruk kalamansi adalah masakan yang berbau amis seperti makanan laut ataupun daging.

Tak hanya untuk bahan masakan, jeruk nipis biasanya juga dimanfaaatkan untuk kecantikan dan kesehatan. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk mengurangi gejala batuk, bau badan, jerawat, mencegah rambut rontok, radang tenggorokan, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam jeruk kalamansi ini antara lain vitamin C, mineral fosfor, dan kalsium. Selain itu, jeruk nipis mengandung zat besi walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Vitamin C baik untuk menjaga kesehatan. Nutrisi ini bermanfaat sebagai anti-oksidan bagi tubuh. Oleh karena itu, jeruk nipis baik bagi kesehatan kulit dan kesehatan tubuh secara umum.

Baca Juga:  Tips Menyimpan Buah Jeruk Pascapanen

Buah jeruk kalamansi diolah secara komersial menjadi sirup. Sirup kalamansi dipasarkan sebagai minuman khas dan buah tangan bagi pengunjung Bengkulu. Minuman sari buah kalamansi baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Di Bengkulu, tanaman jeruk kalamansi ditanam di lahan yang kering. Biasanya, lahan tersebut berada di daerah perbukitan. Namun, pohon jeruk kalamansi bisa ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Tanaman ini cocok ditanam di depan rumah, baik di pekarangan maupun di dalam pot. Pohon jeruk kalamansi sangat genjah dan cepat berbuah. Selain itu, pembuahan ini terjadi sepanjang tahun. Dengan begitu, cocok menjadi tanaman hias yang mampu dimanfaatkan buahnya.

 

Loading...
Loading...